Translate

Friday, September 28, 2012

Books "GEORGIA'S KITCHEN"



Judul Asli : GEORGIA’S KITCHEN
Copyright © 2010 by Jenny Nelson
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Siska Yuanita
Cover by eMTe
Cetakan I : September 2012 ; 400 hlm 
Rate : 4 of 5

[ source ]
Terus terang diriku bukan jenis pembeli buku yang hanya melihat cover depan, tetapi lebih mengutamakan isi sebuah buku, yang bisa terlihat dari preview di back-cover, atau googling terlebih dahulu tentang penulis dan bukunya. Tapi untuk buku ini, diriku justru melanggar pantangan pertama, gara-gara suka dengan desain covernya ... dan tentu saja membaca bahwa ini kisah tentang chef yang mengalami jatuh-bangun hingga berpetualang ke Italia, woww --- topik yang sangat menarik minatku.

Kisah ini tentang Georgia O’Keeffe, head-chef  di Marco, sebuah restoran eksklusif di kawasan Manhattan, New York, menyukai lingkungan pekerjaannya, akur dengan para staf, mampu memimpin restoran dengan baik, dengan perkecualian sang pemilik, Marco (mantan chef ternama). Georgia memiliki ketajaman serta kreatifitas yang bagus, namun hal itu tak berkembang di bawah otoriter Marco yang tak menghendaki perubahan dalam menunya ( just info, good owner trust their head-chef to develop new menu and always asking for their creativity ). Georgia memiliki impian untuk membuka restoran-nya sendiri, tetapi saat itu ia sedang sibuk mempersiapkan pernikahannya dengan Glenn – tunangannya yang berprofesi sebagai pengacara.


Tuesday, September 25, 2012

Books "CLICK"



Judul Asli : CLICK
Copyright © 2007 by Eoin Colfer, Linda Sue Park, Ruth Ozeki, Nick Hornby, Tim Wynne-Jones, David Almond, Gregory Maguire, Deborah Ellis, Margo Lanagan & Roddy Doyle.
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Jia Effendie
Editor : Ariyantri E. Tarman
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : September 2012 ; 228 hlm 
Rate : 4 0f 5 

[ source ]
Granpa Gee sudah meninggal. Meninggalkan warisan kepada kedua cucunya tersayang, Jason dan Maggie. Jason menerima album rangkaian foto orang ternama dengan tanda tangan masing-masing. Sedangkan Maggie tak mau membuka kotak warisannya, karena ia takut kehilangan kenangan akan satu-satunya orang yang memahami dirinya. Berhari-hari, berminggu-minggu Maggie berduka dengan  caranya sendiri, hingga membuat khawatir kedua orang tuanya. Hingga pada suatu hari, sang ibu mengambil tindakan tegas, agar Maggie mau kembali bersikap normal. 

Tindakan itu akhirnya mendorong Maggie untuk membuka kotak dari Granpa Gee, sebuah kotak yang berisi kotak dan kotak dan kotak ... masing-masing memiliki kerang indah dan aneh yang berbeda-beda. Tujuh kotak yang berbeda dan memiliki inisial huruf terukir di luarnya. Sepucuk surat menyertai bingkisan itu, pesan Granpa Gee kepada Maggie : “Mags, lemparkan kembali semuanya__” Granpa Gee mewariskan sebuah teka-teki pada Maggie, dan ia berusaha keras memecahkannya. Dan di saat ia mulai putus asa, muncul sebuah petunjuk, petunjuk yang membawanya pada pesan penting sang kakek. Tujuh buah kotak, tujuh buah harta karun, tersebar di tujuh benua, dan tugas Maggie untuk memenuhi amanat sang kakek hingga selesai.

Sunday, September 23, 2012

Books "FINDING YOU"



Judul Asli : FINDING YOU
[ “VOUS REVOIR” by Marc Levy ]
Copyright © 2004 Editions Robert Laffont, S. A., Paris/Susanna Lea Association
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Saraswati Wardhany
Cover by Marcel A.W.
Cetakan I : Maret 2012 ; 328 hlm 
Rate : 3 of 5

[ source ]
Kisah ini merupakan kelanjutan dari novel ‘If Only It Were True’ (terbitan GPU tahun 2006), yang telah diadaptasi ke layar lebar dengan judul Just Like Heaven yang dibintangi oleh Reese Witherspoon dan Mark Ruffalo. Dengan ending yang membuat penasaran, tentunya diriku sangat berharap akan segera mengetahui perkembangan hubungan antara Arthur dan Lauren. Tapi penulis justru membuat sebuah kisah pembuka yang mengundang rasa terkejut sekaligus penasaran, dalam buku kedua ini. Bahkan jika boleh dikatakan, kisah buku kedua ini membuat sejarah dan alur yang sama sekali baru, memanfaatkan karakter yang sama dalam kisah sebelumnya. 

Dibuka dengan kisah Arthur yang pergi melarikan diri ke Paris selama setahun lebih. Dengan dalih ia ingin fokus pada proyek barunya, ia berusaha melupakan belahan jiwanya di Amerika. Lauren Kline – wanita yang telah koma selama berbulan-bulan akhirnya sadar kembali, namun ia tak mengenali siapa gerangan Arthur. Dan setelah berjuang sekian lama, Arthur akhirnya memilih menyingkir dari kehidupan Lauren atas permintaan sang ibu serta dokter perawat Lauren. Meskipun mencurahkan segenap pikiran dan tenaga kepada proyeknya, pada akhirnya ketika ia harus kembali ke Amerika, Arthur kembali dibayangi kenangan akan wanita yang pernah menghabiskan waktu berbulan-bulan bersamanya, sebelum ia kembali ke dunia nyata – sadar dari koma.


Saturday, September 22, 2012

Books "IF ONLY IT WERE TRUE"



Books “ANDAI DIA NYATA”
Judul Asli : IF ONLY IT WERE TRUE
[ “ET SI C’ETAIT VRAI...” by Marc Levy ]
Copyright © 2000 Editions Robert Laffont, S. A., Paris/Susanna Lea Association
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Saraswati wardhany
Cover by eMTe
Cetakan I : November 2006 ; 272 hlm 
Rate : 3,5 of 5

[ source ]
Lauren Kline menjalani kehidupan yang sangat padat sebagai asisten dokter di San Fransisko Memorial Hospital. Namun ia menyukai rutinitas dan hidupnya sebagai wanita mandiri, tinggal di apartemen bagus di Green Street ditemani Kali – anjing kesayangannya, separuh setter, separuh Labrador. Dan kali ini ia sedang bersiap-siap menghabiskan libur weekend-nya menginap di kediaman temannya. Pada pagi hari  di bulan Juni, Lauren mengemudikan kendaraannya menyusuri jalanan yang masih lenggang, ketika kecelakaan itu terjadi, melempar tubuhnya hingga menabrak etalase toko setempat. 

Kecelakaan fatal itu tak mampu menyelamatkan nyawa Lauren, dan ia dinyatakan tewas di tempat kejadian. Namun akibat keajaiban atau bisa juga kesalahan residen yang berusaha menyelamatkannya, jantung Lauren kembali berdenyut dalam perjalanan menuju kamar mayat. Dr. Fernstein – mentor Lauren yang menerima tubuhnya, akhirnya mengambil keputusan untuk tetap melakukan operasi penyelamatan tubuh Lauren yang harus dibantu alat penyokong kehidupan. Hingga operasi selesai, tubuh Lauren ternyata mampu bertahan dan bernafas tanpa bantuan alat, meski ia masih tak sadarkan diri. Lauren Kline akhirnya masuk dalam kondisi koma.

Thursday, September 20, 2012

"FUNTASTIC FOLLOWER GIVEAWAY"

Sebagai penikmat buku, diriku 'melahap' berbagai macam bacaan, tidak masalah apakah itu klasik, misteri, drama, bahkan kategori romance maupun YA juga kubaca, asalkan kisahnya benar-benar memiliki makna tersendiri, bukan sekedar hiburan komedi konyol tanpa makna.

Nah, dalam bulan ini, tanpa disangka diriku menemukan beberapa judul buku yang semula kukira bacaan ringan, tetapi setelah kubaca isinya di luar dugaan memiliki makna yang sangat dalam. Dalam rangka berbagi pengalaman yang menarik bagi para follower Hobby Buku, ada 2 buku yang hendak kuberikan kepada sesama penikmat bacaan ringan, menarik dan memiliki kualitas tersendiri  (^_^)

TRASH by Andy Mulligan
[ sinopsis cek di sini atau review cek di sini ]


CLICK by 10 Authors 
[ sinopsis cek di sini ]


Tuesday, September 18, 2012

Books "HONEYMOON WITH MY BROTHER"



Judul Asli : HONEYMOON WITH MY BROTHER : A MEMOIR
Copyright © 2005, Franz Wisner
Penerbit Serambi Ilmu Semesta
Alih Bahasa : Berliani M. Nugrahani
Editor : Anton Kurnia & Dian Pranasari
Cetakan I : Agustus 2012 ; 592 hlm (new edition)
Rate : 3,5 of 5

[ "Resensi buku ini dibuat dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku ReadingWalk.com" | source from Reading Walk's Library ]

]
[ source ]
Pernahkah Anda menonton film ‘Runaway Bride’ yang dibintangi Julia Roberts dan Richard Gere ? Kisah tentang seorang wanita yang selalu nyali-nya ciut saat berada di depan altar pernikahan, dan memilih melarikan diri daripada menghadapi masalah-masalah yang menakutkan dirinya. Nah kisah dalam buku ini sedikit mirip dengan kejadian tersebut, namun ini bukan fiksi atau dongeng, melainkan sebuah kisah nyata yang dialami oleh sang penulis. 

Franz Wisner menjalani kehidupan yang luar biasa. Ia sehat dan cakap, keuangan lebih dari mencukupi dengan pekerjaannya sebagai sekertaris jurnalis pemerintah, pelobi, dan eksekutif PR perusahaan ternama, ditambah dengan seorang wanita yang ia cintai selama lebih dari 5 tahun. Hubungan dirinya dengan Annie mengalami pasang-surut sebagaimana layaknya pasangan kekasih. Namun Franz tetap menaruh harapan besar akan masa depan mereka berdua. Mulai dari membeli rumah masa depan, tinggal bersama, hingga persiapan menuju pernikahan. Tanpa diduga, pada minggu menjelang resepsi pernikahan mereka, Annie memutuskan hubungan. 

Monday, September 10, 2012

Books "TRASH"



Judul Asli : TRASH
Copyright © by Andy Mulligan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Nina Andiana  
Cover by eMTe
Cetakan I : Juli 2012 ; 256 hlm 

source ]
Jika ada sebuah buku yang menarik perhatianku, mulai dari judul, pemilihan warna cover buku hingga sinopsis-nya, maka inilah TRASH, yang bisa diartikan sebagai SAMPAH, atau kita kenal sebagai ‘sesuatu yang tidak berguna, menjijikan, dan dijauhi oleh siapa saja’ --- namun jangan langsung berasumsi ini adalah suatu yang negatif, justru Anda harus mendekati, membuka dan membaca kisah yang bukan hanya menyentuh tetapi sekaligus memberikan suatu KESEGARAN dari makna Sampah atau Buangan. Terutama dengan tampilan warna dominan kuning dan hijau terang pada cover, yang bertolak-belakang dengan makna serta warna Sampah yang kita kenal sehari-hari.

TRASH adalah kisah tentang perjalanan anak-anak pemulung di wilayah yang disebut sebagai Behala atau dikenal pula sebagai Kota Sampah. Tokoh utama kisah ini adalah Raphael Fern├índez dan Gardo (14 tahun), serta Jun-Jun alias Tikus (10 tahun). Dimulai dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh Raphael dan Gardo, mengais-ngais tumpukan sampah untuk mencari sesuatu yang cukup berharga untuk ditukar dengan uang bagi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka. 

“Siapa yang tahu apa yang bakal kautemukan selagi memilah-milah sampah! Mungkin saja ini hari keberuntunganmu.” [ p. 03 ]


Sunday, September 9, 2012

Books "I LOVE MONDAY"


Judul : I LOVE MONDAY
Copyright ©Arvan Pradiansyah, 2012
Penerbit Kaifa ( PT Mizan Pustaka )
Editor : Budhyastuti R.H.
Proofreader : M. Eka Mustamar
Desain sampul : ILM Creative
Desainer isi : Asih Gandana
Cetakan I : Maret 2012 ; 302 hlm

source ]
Apakah Anda bahagia dalam kehidupan Anda ? Apakah Anda bahagia dalam pekerjaan Anda ? Beberapa tahun silam, ini adalah pertanyaan yang sering terlontarkan saat pertemuan dengan kenalan, sahabat lama, dan respons yang kuberikan bisa jadi merupakan dua hal yang berbeda, karena harus menjawab ‘dua-hal’ yang berbeda. Namun kini, pertanyaan itu terasa sangat janggal, karena  apa yang  tampak sebagai hal yang berbeda, sesungguhnya merupakan satu kesatuan yang tak bisa dilepaskan satu sama lain. Kebahagiaan dalam kehidupan mencakup pula kebahagiaan dalam pekerjaan, demikian pula sebaliknya. Lalu mengapa masih banyak orang yang menganggap bahwa ini adalah ‘dua hal’ yang berbeda ?

source ]
Menyimak isi buku yang dengan mudah digambarkan sebagai buku motivasi, penulis langsung membuka dengan mengusung tema “I Love Monday” yang tujuan memberikan paradigma ‘positif-thinking’ pada para pembacanya. Monday atau Senin, seringkali dikonotasikan sebagai awal kerja keras tiada henti, kesengsaraan, stress, segala sesuatu yang negatif. Namun dengan senantiasa mengingatkan ‘ILM’ [ I Love Monday ], mau tidak mau timbul suatu pergeseran dalam pola pemikiran setiap pembaca dan pendengarnya. Memberikan berbagai masukan positif tanpa kesan menggurui bahkan memaksa, semacam memberikan sugesti bahwa kita sebenarnya menyukai kegiatan di hari Senin. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...