Translate

Monday, June 10, 2013

Books "AGAIN THE MAGIC"

Books ”KEAJAIBAN CINTA”
Judul Asli : AGAIN THE MAGIC
[ Prequel to Wallflower Series ]
Copyright © 2004 by Lisa Kleypas
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Anggraini Novitasari
Cover by Marcel A.W.
Cetakan I : Mei 2013 ; 432 hlm
Rate : 3 of 5

Para penggemar karya Lisa Kleypas di Indonesia tentu tak akan lupa dengan seri Wallflower yang merupakan cikal-bakal genre historical-romance yang pertama kali diperkenalkan oleh penerbit GPU, dan salah satu korbannya adalah diriku yang tak pernah menyukai bacaan romance sebelumnya, akhirnya justru menjadi fans karya penulis yang satu ini. Nah, salah satu tokoh yang kusukai adalah Earl of Westcliff yaitu Marcus dan pasangannya Lilian yang selalu ‘ramai’ dalam bersiteru dan mengundang tawa akan tingkah-laku kedua tokoh yang sama keras kepala sekaligus agak ‘sulit’ diatur. Maka kehadiran buku yang merupakan prekuel seri ini, sangat dinantikan, apalagi kisah ini tentang keluarga Earl of Westcliff dimana Marcus masih terbilang ‘belia’ dan belum bertemu dengan Lilian.



Lord Westcliff merupakan sosok penguasa yang memiliki sifat keras dan dominan dalam mengatur kehidupan rumah tangga serta estate-nya. Karakternya yang sulit kaku dan dingin, membuat putra-putrinya hidup dalam aturan serta norma-norma sebagai calon penerus keluarga bangsawan terpilih, tanpa adanya kasih sayang, hanya rasa takut serta ngeri akan hukuman yang selalu siap menghajar mereka ketika melanggar peraturan beliau. Sedangkan Lady Westcliff tak mampu berlaku sebagai ibu sekaligus orangtua yang mendukung atau memperhatikan anak-anaknya. Singkat cerita, pasangan Lord dan Lady Westcliff berlaku selayaknya pasangan bangsawaan yang menikah demi harkat, kehormatan serta kekayaan, tanpa sedikitpun ada rasa kasih diantara mereka.

Anehnya, hubungan antara anak-anak mereka justru cukup baik. Lady Aline Marsden – putri sulung Earl of Westcliff yang terkenal akan kecantikan serta kelembutannya, dengan Marcus yang merupakan satu-satunya penerus sehingga harus menjalani pendidikan di akademi, dan si kecil Livia, yang cukup menarik, dan dikabarkan merupakan hasil hubungan gelap sang countess dengan salah satu kekasihnya. Aline yang bukan saja menawan, tetapi juga memiliki kehalusan perasaan, telah menaruh hatinya kepada John McKenna – pemuda yang telah menjadi teman bermainnya semenjak usia delapan tahun, hingga kini ia telah menginjak usia 17 tahun. Pemuda ini memiliki segala kelebihan yang dicari oleh Aline, hanya ada satu penghalang besar, ia merupakan pelayan di estate keluarganya.

Namun cinta-kasih di antara keduanya semakin membara, tak ada yang sanggup memisahkan satu sama lain, sampai suatu ketika, Lord Westcliff yang mengetahui hubungan tersebut menjatuhkan ultimatum terhadap putri sulungnya. Aline tahu bahwa ia harus menyelamatkan nyawa pemuda pujaan hatinya, maka ia menempuh satu-satu jalan yang tersedia : mencampakkan dan mengusir John McKenna, dengan harapan ia selamat. Pemuda yang bukan saja patah hati tetapi juga kehilangan jiwanya ini, pergi meninggalkan tempat yang memberikan kenangan pahit, dan membawa dendam membara dalam dirinya.

Dua belas tahun kemudian, ketika Earl of Westcliff telah diambil alih oleh sang penerus, Marcus Marsden, yang memiliki kebijakan serta kecerdikan yang berbeda dengan sang ayah, sehingga estate keluarga mereka, Stony Cross Park semakin berkembang dan menjadi incaran kaum bangsawan serta aristokrat untuk berkunjung sebagai tamu atau undangan pesta yang diadakan. Karena Marcu belum menikah, maka sebagai tuan rumah mendampingi Marcus, Lady Aline acapkali turun langsung dalam menjamu para tamu serta undangan. Dan suatu saat, ketika Marcus menantikan salah satu tamu khusus, bangsawan sekaligus pengusaha asal Amerika, Gideon Shaw untuk menjajaki sebuha hubungan kerjasama, Aline sama sekali tak menduga ia akan bertemu dengan sosok dari masa lalu yang selalu menghantui dirinya. Gideon Shaw tidak datang seorang diri, ia mengajak sahabat serta partner bisnisnya yang terkenal di New York, Mr. John McKenna.

Ok, sampai disini sudah dapat diduga bagaimana alur kisahnya. Sang pemuda miskin yang ditolak dan diusir, kembali dengan dendam kesumat setelah berhasil menapaki jenjang kehidupan yang jauh lebih baik, bahkan menjadi salah satu sosok penting dalam kancah dunia bisnis. Namun jangan berharap adegan seru nan menegangkan ala kisah-kisah thriller karya maestro Sidney Sheldon (dengan tema serupa), karena justru pertemuan antara Aline dan McKenna hingga kelanjutan hubungan mereka kurang menarik atau bisa dikatakan tiada ‘greget’ khusus yang mampu membuatku terpaku. Alih-alih alasan atau dalih yang digunakan oleh Aline sedikit ‘klise’ menurutku, meski pada akhirnya sebuah alasan berkaitan dengan ‘psikologis’ terhadap watak serta karakter Aline cukup mendukung.

Di luar dugaan, daya tarik kisah ini justru pada hubungan antara Lady Olivia Marsden yang terbelit skandal masa lalu hingga nama baiknya tercemar, dengan sosok unik Gideon Shaw yang memiliki sifat liar dan kecanduan alkohol berat. Sayangnya, penulis juga tidak mengungkap lebih dalam atas karakter kedua tokoh ini, yang menurutku akan jauh lebih menarik untuk mengetahui latar belakang kisah kelam yang menghantui mereka. Sebagai kisah yang memiliki awalan menarik serta ide-ide yang cukup berani, entah mengapa terasa ‘mentah’ dalam penggarapannya sehingga hingga menjelang akhir kepuasan yang kuharapkan dalam membaca kisah ini secara perlahan-lahan menurun minatnya. Apakah sang penulis ‘cukup bingung’ dalam mengolah ketiga karakter bersaudara Aline-Marcus-Livia yang berbeda-beda ini, atau memang diharapkan ada kelanjutan yang lebih memuaskan ? Yang jelas, kisah ini cukup menghibur tanpa menawarkan sesuatu yang lebih memuaskan. 

Tentang Penulis :
Lisa Kleypas, lahir pada tahun 1964 di Texas, Amerika, adalah penulis novel romance yang sangat produktif dan hampir seluruh novelnya masuk dalam jajaran bestselling novels. Ia memiliki kegemaran membaca, namun proses menulis dimulai ketika sedang menjalani liburan musim panas dan beristirahat dari kegiatan mata kuliahnya di bidang ilmu politik di Wellesley College. Dalam kurun waktu 2 bulan kemudian, novel perdananya rilis, saat ia baru berusia 21 tahun. Dan pada waktu yang sama, ia memenangkan gelar Miss Massachussets. Ketika turut serta dalam kompetisi Pemilihan Miss America, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulisnya sendiri, memberikan sebuah gelar “finalis berbakat”.

Semenjak itu, ia menekuni bidang penulisan secara serius dan hingga kini terus aktif menghasilkan berbagai karya baru. Novel-novelnya bukan saja masuk jajaran Bestseller tetapi juga menerima berbagai penghargaan dan telah diterjemahkan lebih dari 14 bahasa. Sebagian besar novelnya merupakan historical romance, namun semenjak tahun 2006, ia mengumumkan akan lebih banyak menulis genre contemporer romance. Kini ia tinggal di Washington, bersama sang suami Gregory dan kedua anaknya.

[ more about author and her works, check on here : Lisa Kleypas | on Wikipedia | on FaceBook | on Twitter  ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...