Translate

Sunday, August 11, 2013

Books "CAMAR BIRU"


KADOUNTKBLOGGER #4
Judul Asli : CAMAR BIRU
Karya Nilam Suri
Penerbit GagasMedia
Editor : Gita Romadhona & eNHa
Proofreader : Gita
Penata letak : Wahyu Suwarni
Desain sampul : Dwi Annisa Anindhika
Cetakan II : 2013 ; 280 hlm
Rate : 3,5 of 5

Ok, pertama-tama, asli diriku tidak suka karakter dalam kisah ini, dan kisahnya agak absurb jika berbicara tentang masalah Cinta. Tapi justru disinilah keunikan yang membuat kesan tersendiri bagiku setelah selesai membacanya. Satu komentarku : penulisnya benar-benar ahli dalam menuangkan konflik serta gejolak emosi dalam untaian kisah yang aneh sekaligus bikin takjub.

Kisahnya tentang persahabatan dua manusia, Adith dan Nina, yang pada suatu hari ketika sedang ‘mabuk susu Baileys’ membuat janji jika 10 tahun mendatang keduanya sama-sama belum memiliki pasangan tetap, maka mereka akan menikahi satu sama lain. Sumpah ini di-ikrarkan dengan sepasang origami burung biru yang akan disimpan sebagai pengingat masing-masing.



Dan...10 tahun kemudian, mereka sama-sama masih jomblo, maka diputuskan bahwa janji harus ditepati, Adith dan Nina akan segera menikah. Bagi Adith yang selalu menyayangi Nina, hal ini menjadi sebuah ketetapan hati untuk membahagiakan Nina. Apalagi semenjak 10 tahun yang telah berlalu, situasi keduanya mengalami perubahan drastis. Dimulai dengan kematian kakak Nina : Naren, yang tewas dalam kecelakaan fatal. Nina dipersalahkan oleh kedua orang tuanya, terutama sang ibu yang tak pernah memiliki rasa sayang kepada putri bungsunya. Akhirnya Nina bukan saja kehilangan satu-satunya sosok yang selalu menyayangi dirinya, ia juga ‘terusir’ keluar dari kediaman orang tuanya.

Di saat kritis seperti itu, Sinar – kakak Adith sekaligus sahabat karib Naren, turut melarikan diri keluar negeri karena tak tahan menghadapi kehilangan Naren dan harus sering bertemu dengan Nina. Alhasil Nina yang semenjak kecil dekat dengan Sinar (bahkan sempat mengalami cinta platonik semasa remaja) harus kehilangan yang kedua kalinya. Hanya satu orang yang bertahan dan selalu mendampingi Nina dalam kondisi apa pun, terutama saat ia terpuruk, dia adalah Adith.

Dengan melihat lamanya persahabatan yang terjalin diantara keduanya, pemahaman serta perlindungan yang disediakan oleh Adith, maka pernikahan adalah solusi yang paling gamblang untuk mengokohkan hubungan antar keduanya. Tetapi mengapa Nina didera keraguan dan kegelisahan yang semakin memuncak tatkala rencana pernikahan itu semakin mendekati keputusan final ? Apakah rasa sayang dan kasih yang ditawarkan oleh Adith tak cukup menutup ‘lubang’ yang menganga di dalam hatinya ?

Perang antara logika dan nalar, disertai konflik masa lalu, trauma yang terpendam sekian tahun, menjadi tema yang cukup menarik untuk disimak semenjak awal hingga akhir kisahnya. Cara penyampaian yang digunakan oleh Nilam Suri sama sekali tidak membosankan, bahkan cenderung blak-blakan, perpaduan antara canda-tawa-sumpah serapah-tangisan-humor, semuanya menghidupkan suasana tanpa kesan bak melodrama cengeng. Sedikit banyak cara penulisannya mengingatkan diriku akan Norwegian Wood karya Haruki Murakami, yang cukup absurb dan bukan karakter favorit-ku, but somehow there is ‘something’ in the story that cannot be easly forgotten.

[ source ]
Tentang Penulis :
Sudah sejak lama beranggapan bahwa ‘growing up is overrated, even after being a mom. Paling aktif menulis ketika matahari berubah jingga, atau saat langit menjadi kelabu, dan pastinya saat gerimis bergemerisik pelan dari balik jendela. Sedang berusaha mengelabui waktu, dan menolak gravitasi. Suatu hari, dia akan terbang dan tanpa pernah menjadi tua. Lihat kicauannya di : @justutterly

Postingan ini untuk Event UNFORGOTTEN #KadoUntukBlogger
GIVE THANKS GIVEAWAY
Untuk Bergabung, silahkan cek persyaratan di Postingan INI

Best Regards,
* Hobby Buku *



No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...