Translate

Monday, August 26, 2013

Books "DRAMATURGI DOVIMA"

Judul Asli : DRAMATURGI DOVIMA [ Metropop ]
Penulis : Faris Rachman-Hussain
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Editor : Irna Permanasari
Ilustrasi & Desain sampul : Staven Andersen
Cetakan I : Juni 2013 ; 232 hlm
Rate : 3,5 of 5

Ini adalah sebuah kisah menarik  tentang perjuangan calon reporter yang memiliki segala kelebihan, dari kecerdasan dan keuletan, hingga nama tenar keluarga, yang justru mempersulit jenjang karirnya karena selalu dikaitkan dengan unsur ‘pamor keluarga’. Perjuangan seorang wanita muda yang memilih merintis segala sesuatu dari nol alih-alih mengikuti kemudahan akibat popularitas di dunia jurnalistik yang mampu bersikap kejam terhadap kaum minoritas ini, mengulik rasa penasaran semenjak awal kisah hingga akhir. Dengan memamdukan unsur intrik serta konflik yang melibatkan skandal politik negara hingga rahasia perselingkuhan yang mengguncang, serta cinta segitiga yang melibatkan para pelaku utama, benar-benar merupakan tampilan kisah ‘dramatikal’ yang tak pelak akan menarik minat para pembaca.



~ Dovima art-image ~ [ source ]
Dovima Aisyah Said, calon reporter majalah mingguan Kala, lahir di Jakarta pada tanggal 25 Februari 1988, namun menghabiskan sebagian besar waktu dan pendidikannya di New York. Meski lulus penerimaan awal di Columbia School of Journalism, ia akhirnya memutuskan kembali ke Indonesia dan  masuk di Universitas Padjajaran, Fakultas Komunikasi Jurusan Jurnalistik. Ia terkenal karena sang ibu, Seruni Diah Said merupakan mantan reporter yang ambisius di majalah Kala sebelum menjadi kolumnis The New York Times dan koresponden Times Asia. Ayahnya, Gandhi Wirasetja merupakan pejabat penting di BUMN di bidang perminyakan, sekaligus keturunan Moehammad Hardjanto Wirasetja – mantan menteri era Orde Lama. Namun justru karena segala kelebihan tersebut, Dovima memilih menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda dengan keluarganya, karena tantangan serta petualangan merupakan satu hal yang tak dapat lepas dari diri Dovima.

Dimulai dari sebuah tugas yang membawa pertemuan Dovima dengan Kafka Hussainduaja – penerus keluarga Hussaindduaja yang memiliki kerajaan bisnis serta pengaruh kekuasaan besar terutama di Indonesia, berbuntut pada ‘perburuan’ Kafka – pria tampan nan menarik sekaligus kaya raya, terhadap wanita yang tampaknya kebal pada pesona serat daya tariknya. Kisah semakin rumit karena atasan Dovima yang juga kenalan Kafka, Imadji Djasin – sang sekretaris readksi majalah Kala, juga menaruh perhatian khusus terhadap diri Dovima. Sementara wanita yang menjadi pusat perhatian, harus berjuang menjaga keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari, antara pekerjaan yang ia cintai dengan keluarga yang justru menjadi beban kehidupannya. Saat Dovima menerima tugas besar yang membawanya pada pembongkaran kasus korupsi para pejabat penting, tanpa sadar ia juga terseret pada pengungkapan skandal keluarga yang telah tersimpan sekian lamanya.

Membaca kisah sepanjang 200 halaman ini sangat menyenangkan dan berlangsung sangat cepat. Dikisahkan dari sudut pandang tokoh utama, Dovima Said, yang juga merupakan suatu karakter yang tak kalah menariknya, penulis menyajikan sekelumit gambaran kehidupan metropolitan dalam dua warna yang berbeda. Meski baru mencoba beberapa bacaan jenis metropop, buku ini mendapat rekomendasi penuh dariku sebagai bacaan ringan namun tetap memiliki bobot tertentu yang menarik. Hanya satu hal yang tak bisa lepas dari benakku, entah mengapa konflik karakter utama Dovima dengan keluarganya, sangat mirip dengan sosok Meredith Grey dalam serial ‘Grey's Anatomy’ – mulai dari konflik pribadinya dengan sang ibu Ellen Grey yang sangat superior, ahli bedah ternama, hingga kepergian sang suami karena tak tahan dengan ke-egoisan sang istri, terbongkarnya kisah affair antar Ellen Grey dengan pimpinan RS dimana Meredith Grey bekerja, plus kondisi Ellen Grey yang mengalami Alzhaimer ...well, it’s to many similarities between these stories \(^_^)/ ... Aside from that, I can say that this book is a well-written story. 

[ Note : I love this cover design, simplicity yet get to the point of its story, but then I always love Staven Andersen’ works, very unique, unusual and beautiful at the same time ]

Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...