Translate

Friday, November 8, 2013

Blog's Meme : "FRIDAY'S RECOMMENDATION [ 2 ]"

FRIDAY'S RECOMMENDATION [ 2 ]

Kali ini mendadak pengen meramaikan event para blogger lain, salah satunya yang cukup menarik adalah meme yang digagas oleh Ren, meski beberapa kali sempat melihat postingannya, entah kenapa tidak pernah sempat untuk membuat postingan khusus untuk rekomendasi. Alhasil ini adalah kali ke-2 ikutan meme ini (semoga bisa rutin ikutan minggu-minggu berikutnya deh). Dan rekomendasiku untuk minggu ini adalah sebuah buku yang cukup menarik dan layak untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Sayangnya saat pertama kali kurekomendasikan buku ini kepada editor dan penerbit, responsnya kurang memuaskan, dianggap ‘kurang-layak’ dari segi marketing. Terus terang akhirnya diriku tetap membeli dan membaca buku yang juga merupakan karya debut pemuda yang unik dan memiliki talenta menakjubkan. Well tanpa berlama-lama, inilah rekomendasiku : 


THE LAND OF STORY : THE WISHING SPELL 
( Book 1 )

[ check my review at here : Alice’s Wonderland ]

THE LAND OF STORY : THE ENCHANTRESS RETURN 
( Book 2 )
[ check my review at here : Alice’s Wonderland ]

Karya Debut 
CHRIS COLFER

Apa alasanku merekomendasikan buku-buku ini ?
Bagi yang mengenalku, tentu tahu bahwa bacaan fantasi adalah favoritku, tapi alasan awal untuk membaca buku ini, lebih merupakan penasaran karena keberadaan sang penulis. Chris Colfer lebih dahulu dikenal sebagai aktor terpilih dalam serial GLEE memerankan karakter Kurt Hummel – siswa SMA yang terjebak dalam pencarian jati diri dan kesulitan yang dihadapi sebagai ‘homoseksual’ (gay) dan selalu menjadi korban ‘bullies’ baik dari teman-teman sekolah bahkan orang dewasa yang tidak tahu cara menghadapi remaja yang bergejolak.

Chris mampu membawakan karakter Kurt Hummel hingga meski awalnya bukan sebagai pemeran utama, pada putaran season kedua, karakternya jauh lebih berkembang dengan matang dan memukau, hingga Emmy Award (semacam Oscar untuk kategori TV seri) pun diperolehnya. Kekuatan karakter ynag ditonjolkan bukan sterotipe super hero yang bisa mengatasi segala sesuatu dengan mudah, justru kelemahan, ketakutan, kesedihan dan amarah hingga kekuatan untuk berjuang semuanya ditampilkan secara optimal. So who ever said that GLEE just another stereotype comedy need to be adjust their mind-set. But enough about GLEE, let’s back on the subject : Chris Colfer Debut’s Book.

Anggapan awal bahwa ini hanyalah contoh lain dari adaptasi dongeng anak-anak, sangat-sangat keliru. Meski memiliki seting perpaduan legenda, mitologi dan dongeng kanak-kanak, Chris mampu menampilkan ciri khas tersendiri yang sungguh menakjubkan, menjalin karakter satu dengan lainnya dalam skenario yang sangat unik, hingga bisa dikatakan ini suatu kisah yang sama sekali baru dengan menggunakan karakter-karakter yang sudah dikenal seperti Cinderella, Snow White, Sleeping Beauty, Red Riding Hood, Jack The Giant Slayer, Goldy Locks, Rapunzel hingga Frog Prince, semuanya dalam satu kisah baru.

Menggunakan gaya dramatis dan suasana kelam ala Grimm Brothers, but with ‘additional twist’ in here and there, Chris membawa dongeng dan fabel dalam kehidupan modern, dalam kisahnya maupun dalam dunia realita. Satu hal yang patut diperhatikan, kosa kata serta pemilihan tata bahasa yang digunakan, sedikit mengejutkan karena sangat-sangat indah dan teratur, ibarat keluar dari kamus khusus namun sama sekali tidak membosankan. Again, Chris membuatku terkejut sejak awal kisah hingga akhir. Bahkan di buku kedua seri ini, emosi yang dilibatkan jauh lebih dalam dan membuatku harus menghabiskan sekotak tisue ... (^_^)

Jika tidak ada penerbit yang bersedia untuk menerjemahkan, bacalah versi aslinya, kosa katanya sungguh simple dan mudah dipahami (but noted that this is not tipikal children fairy-tale). Enough said, again ... this is a perfect example of good stories that (might be) already judge by people as stereotipe fairy-tale, well to bad for them who cannot sees good stories that really well written.

Ingin ikutan meme ini, silahkan baca terlebih dahulu aturan mainnya berikut ini :
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blogRen's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

Nah, apa rekomendasimu untuk minggu ini ? Jangan lupa saling berkunjung di blog peserta lainnya ya.

Best Regards,

Hobby Buku

8 comments :

  1. temenku ada yg ngefens berat sama Chris Colfer ini dan pengen baca bukunya juga. emang nggak menjamin sih walau aktingnya bagus dia bisa sukses merambah lainnya. Sedikit selebritis yg sukses di multi bidang, Contoh nyatanya adalah Dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan Chris ini bagus lho mbak, apalagi buku kedua, semakin menarik :D

      Delete
  2. Mbbaaakkkk....punya buku ini? beli di mana dan harga berapa? wuaaa....udah lama masuk wishlistku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di peri mbak :D klo mau coba nanti akhir tahun, siapa tahu ada sale :D (harganya ikutan naik soalnya huhu)

      Delete
  3. Ini juga masuk wishlistku.. simple karena kavernya yang unyu >.<
    Tapi emang lagi suka2nya baca cerita anak sekarang :D

    ReplyDelete
  4. buku pertama udah ada tapi tapii.. belum dibaca, hahaha :D ngebaca postingan ini jadi pengen masukin bukunya ke daftar buku yang harus dibaca di tahun 2014 ^o^

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...