Translate

Sunday, May 17, 2015

Books "THE RANCH"

Books “MASIH ADA HARI ESOK”
Judul Asli : THE RANCH
Copyright © 1997, 1999 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ramayanti
Cetakan III : Juni 2005 ; 464 hlm ; ISBN 978-979-655-167-5
Harga Normal : Rp. 50.000,-
Rate : 3.5 of 5

Ini adalah kisah tentang 4 orang wanita yang menjalin persahabatan sebagai teman sekamar kala menjalani kuliah di Universitas Berkley. Mary “Stu’ Stuart, Tanya “Tannie’ Thomas, Eleanor ‘Ellie’ dan Zoe Phillips, memiliki watak, karakter yang penampilan yang berbeda satu dengan yang lain, namun hal tersebut tidak mengganggu jalinan persahabatan antar mereka selama 4 tahun, hingga tragedi memporak-porandakan kebahagiaan dan mempengaruhi masa depan masing-masing. Kematian Ellie akibat bunuh diri, menyebabkan perpecahan dan permusuhan sengit akibat kemarahan Zoe terhadap diri Mary, yang dianggap sebagai penyebab kematian Ellie.


Dua puluh tahun berlalu, masing-masing dari ketiga gadis yang kini telah menjadi wanita-wanita matang, menjalani pilihan hidup masing-masing. Mary Stuart telah menjalani 22 tahun kehidupan pernikahan bersama Bill Stuart dan dikarunia dua orang putra-putri terkasih, Todd dan Alyssa yang telah beranjak dewasa. Namun justru rumah tangga Mary mengalami perpecahan yang tak mampu di-tambal begitu saja, karena luka hati dan penderitaan akibat tragedi yang menimpa keluarga mereka, justru penyebab mereka semakin lala semakin terpisah satu sama lain.

Tanya Thomas telah meniti karir sebagai penyanyi berbakat semenjak usia remaja, dan kini ia sangat terkenal, kaya raya dan senantiasa menjadi sorotan publik dan sasaran paparazzi. Pernikahan demi pernikahan kandas karena tak satu pun ‘mantan’ suami Tanya mampu bertahan sebagai pendamping wanita yang sangat sukses dan berada di puncak ketenaran. Sedangkan Zoe Phillips membaktikan pengetahuan dan waktunya membangun klinik-klinik bagi penderita AIDS di segala penjuru dunia. Wanita yang brilian dan pemberani ini tak kalah tenar di kalangan medis dan organisasi sosial yang membaktikan diri menolong para penderita serta korban penyakit AIDS.

Tanya Thomas yang hendak berlibur, menghilang dari kerumitan yang menyesakkan dalam keseharian hidupnya, sengaja mengundang kedua sahabatnya yang tak pernah saling bertemu atau bertukar-sapa selama 20 tahun lebih, untuk menikmati ketenangan di sebuah tempat peristirahatan, ranch di Wyoming. Sebuah pertemuan, reuni dan tempat yang tenang bagi para wanita yang sedang mengalami guncangan serta tragedi silih berganti sepanjang kehidupan mereka, perpecahan dan sakit hati yang pernah terjadi di masa silam, pupus dan jalinan persahabatan baru yang lebih kuat hadir di tengah ranch yang terpencil di Wyoming. Rahasia yang terpendam sekian lama dalam kotak pandora pun terbuka lebar. Memberikan kesempatan bagi mereka yang terluka untuk memulihkan diri, menguatkan kembali hati yang telah retak berkeping-keping ...

Kisah tentang jalinan persahabatan yang semakin kokoh seiring waktu, terutama setelah mengalami terpaan dan terjangan badai dahsyat silih berganti, merupakan salah satu jenis bacaan yang kusukai. Ketiga karakter ‘hidup’ yang ditampilkan melalui sosok Mary, Tanya dan Zoe, mampu membuatku tersenyum simpul, terenyuh dan turut merasakan pergolakan batin yang mereka alami. Tanpa berusaha menampilkan wujud ‘kesempurnaan’ yang acapkali mengusik diriku dalam membaca karya-karya DS (menurutku kesempurnaan dalam keseharian bukanlah suatu realita dalam kehidupan), kali ini masing-masing karakter tampil ‘polos’ dengan segala luka dan cacat yang menodai hati, pikiran dan fisik mereka secara nyata. 

Kondisi ‘jatuh-bangun’ berulang kali yang harus mereka hadapi, turut memberikan warna tersendiri yang justru menambah daya pikat kisah ini. Satu-satunya permasalahan mengapa kisah ini tidak bisa mendapatkan at least 4 bintang dari diriku, karena ending yang diputuskan oleh penulis benar-benar surprise dan membuatku (kembali) mengalami mixed-feelings antara jengkel, jengkel dan juenggkell. Tampaknya memang DS tidak mampu ‘move-on’ dari keinginan membuat ending yang nyaris stereotipe sehingga terus terang kali ini benar-benar terasa dipaksakan untuk menjadi rangkaian yang sempurna !! (dan ingat apa yang kurasakan tentang segala sesuatu yang disajikan selalu ‘sempurna’ ? It’s not real !!)

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku 


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...