Translate

Sunday, July 12, 2015

Books "FINE THINGS"

Books “YANG TERINDAH”
Judul Asli : FINE THINGS
Copyright © 1987 by Danielle Stell
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ny. Suwarni AS  
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Juli 2003 ; 440 hlm ; ISBN 978-979-22-0117-8   
Harga Normal : Rp. 50.000,-
Rate : 2.5 of 5

Bernard Fine menjalani kehidupan yang terbilang ‘biasa-biasa’ saja meski ia memiliki aneka impian yang cukup besar. Meski berasal dari keluarga Yahudi, ia nyaris tidak terlalu memperhatikan ritual serta adat yang senantiasa didengungkan oleh sang ibu. Justru ia sering memilih hal-hal yang bertentangan dengan aneka ‘nasehat’ sang ibu. Termasuk salah satunya, memilih gadis yang diharapkan menjadi pasangan hidupnya, bukan dari keturunan Yahudi. Entah mengapa Bernard mengalami kegagalan berulang-ulang dengan percintaannya, yang biasanya berbuntut pada perpisahan atau putus hubungan dimana ia menjadi pihak yang ‘diputus’ ... dan membuat Bernard semakin muram dan penuh kejengkelan, karena sang ibu mendengung-dengungkan ‘sudah kukatakan sebelumnya ...’ sebagai pengingat bahwa kegagalan Bernard akibat tidak mau mendengarkan nasehat sang ibu.


Ayahnya adalah seorang dokter THT yang cukup dikenal, namun sekali lagi Bernard menolak mengikuti jejak orang tuanya. Dan pilihan karir yang diambilnya, membawa pertemuan pada Paul Berman, pemilik Wolff – toko pakaian yang cukup terkenal di New York, yang memberikan kesempatan bagi pemuda yang bersemangat itu untuk menimba ilmu sekaligus pengalaman bisnis retail pakaian dan perlengkapannya. Dari sekedar magang, karir Bernard meningkat menjadi wakil kepercayaan Paul Berman. Hingga saat pembukaan cabang baru di San Fransisko dimulai, ia diminta untuk menangani keseluruhan operasional di kota yang sama sekali asing bagi dirinya. Tantangan untuk membuktikan kepada dirinya sendiri, membuat Bernard memutuskan hijrah ke San Fransico – mulai usaha dari nol mengelola usaha yang dipercayakan oleh Paul Berman. Jauh dari keluarga, kerabat dan kenalan, Bernard berjuang menyesuaikan diri.

Tampaknya bintang keberuntungan mulai berpihak pada Bernard. Bukan saja berhasil, usaha yang ia kelola sukses besar. Dan akhirnya ia pun menemukan wanita idaman yang sesuai sebagi pendamping hidupnya. Pernikahan antara Bernard dan Elizabeth dilangsungkan dengan meriah, mengingat Bernard berada pada posisi puncak kesuksesan. Kedua orang tuanya, terutama sang ibu yang selalu kritis dalam menilai kehidupan putra tunggalnya, perlahan mulai lebih dekat dengan keluarga baru putranya, terutama semenjak kelahiran Jane dan Alexander, cucu-cucu tersayang. Di saat semuanya berada pada kondisi bahagia, nyaman dan tenang, mendadak badai muncul memporak-porandakan kehidupan Bernard sekeluarga. Kematian  tak terduga disusul dengan aksi penculikkan, semuanya meruntuhkan tembok-tembok pertahanan hati Bernard. Benarkah Tuhan telah mengutuk dirinya hingga kebahagiaan yang diperoleh tak pernah bertahan lebih lama dalam kehidupannya ?

Konflik dan tema yang menjadi dasar kisah ini bisa dikatakan menarik dan mengundang diriku untuk mengikuti perjuangan sosok Bernard Fine. Ciri khas penulis yang menggambarkan perubahan situasi yang cukup dratis, tentang perjalanan hidup manusia menuju kesuksesan dan kebahagiaan. Masuknya unsur kejutan yang seharusnya bisa mengguncang emosi, entah mengapa berjalan cukup datar bagi diriku. Penjabaran pergulatan emosional dan keterkaitan antara karakter satu dengan karakter lainnya, kurang terasa kuat untuk meninggalkan kesan yang lebih dalam, apalagi mengingat ini adalah jenis bacaan melodrama yang ‘seharusnya’ penuh dengan gunjangan emosional. Terlepas dari ide dan tema yang memang (seharusnya) menarik, akhrinya (kembali) cukup 2.5 bintang untuk Bernard ‘Fine’ dalam kisah ‘Fine Things’ karena kesan yang kuperoleh – Everything just Fine #datarbangetdeh.

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ] 

Best Regards,

@Hobby Buku 

1 comment :

  1. Mbakk, saya mau tanya ttg novel terjemahan Et si c'etait vrai, dimana saya bisa dapet novel itu mbak, soanya untuk penelitian skripsi saya, sya nyari gak nemu2, punyanya yg bhs prancis. Tolong infonya ya mbakk makasih.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...