Translate

Thursday, July 23, 2015

Books "THE KLONE & I"

Books “LELAKI ITU DAN AKU”
Judul Asli : THE KLONE & I
Copyright © 1997, 1999 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Sutanty
Cetakan III : Oktober 2003 ; 256 hlm ; ISBN 978-979-655-171-2
Harga Normal : Rp. 25.000,-
Rate : 1.5 of 5

Roger dan Stephanie telah menikah selama 13 tahun, ketika Roger mendadak minta cerai karena tertarik gadis yang jauh lebih muda dan kaya raya. Ia sama sekali tidak memperdulikan anak-anaknya, Charlotte (11 tahun) dan Sam (6 tahun), apalagi memikirkan kondisi Stepahnie. Proses perceraian yang menyedihkan dan membuat kehidupan mereka jungkir-balik, nyaris menenggelamkan Stepahnie dalam depresi yang berkepanjangan. Ketika ia akhirnya berhasil mempertahankan ‘pikiran warasnya’ – Stephanie tak pernah menyangka akan menemukan belahan hati yang lain di kemudian hari.


Menginjak usianya ke-41, Stephanie sedang menikmati liburan pertama keluar negeri saat ia menikmati suasana kota Paris, Prancis sembari menunggu kedatangan anak-anaknya yang sedang berlibur bersama ayah dan istri mudanya. Di kota ini pula ia bertemu dengan pria yang menarik perhatiannya, sosok santun, menawan dan gentleman bernama Peter Baker. Pertemuan pertama yang tak terduga, menyusul dengan janji untuk saling menghubungi berlanjut hingga Stephanie mengundang Peter untuk berkunjung ke rumahnya dan bertemu dengan kedua anaknya.

Sam yang masih cukup muda untuk memahami ‘pria’ yang menjadi teman kencan ibunya, mampu menerima kehadiran Peter, di sisi lain Charlotte justru bersikap sangat negatif dan berusaha keras membuat Peter dalam situasi yang tak menyenangkan. Di saat Stephanie berusaha menyeimbangkan perasaan yang berkembang di hatinya akibat hubungang barunya dengan Peter, ia juga harus mempertimbangkan kondisi kedua anaknya. Dan suatu hari, di saat Peter harus menjalankan tugas keluar kota selama beberapa hari, sebuah ‘bingkisan’ muncul di pintu depan kediaman Stephanie sebagai hadiah kejutan dari Peter.

Paul Klone, demikian ia menyebut namanya. Wajah, suara, perawakan, semuanya sangat mirip dengan Peter Baker, hanya saja ia memiliki gaya yang sama sekali berbeda, dari cara berpakaian, gaya bicara dan tingkah lakunya. Jika Peter berkesan pria yang berpenampilan rapi, sopan dan cenderung konservatif, menyukai ketenangan dan cenderung berhati-hati dalam segala hal, maka Paul justru merupakan kebalikan dari sifat, sikap dan kebiasaan yang selama ini diketahui oleh Stephanie dari sosok Peter. Anehnya, Paul mengaku sebagai hasil kloning eksperimen Peter yang memang berkecimpung dengan barang-barang bionic.

Jika Charlotte sama sekali tidak menyukai Peter, ia justru menyukai Paul yang cenderung ugal-ugalan dan impulsif. Stephanie menduga ini adalah ulah Peter yang sedang dalam kondisi depresi hingga nyaris berubah kepribadiannya. Namun ketika ia sedang asyik menikmati ‘akrobat-seks’ bersama Paul, justru teleponnya berbunyi ... dan itu dari Peter yang sedang berada di luar kota, dan ia menanyakan apakah Stepanie menikmati ‘hadiah kejutannya’ ?  Benarkah Paul Klone sebenarnya bukan ‘manusia normal’ melainkan hasil kloning-bionik yang dikembangkan oleh Peter ? Atau ini semua adalah keisengan Peter untuk membuat Stephanie kebingungan sekaligus pusing ketika harus memilih siapa sebenarnay yang ia sukai : Peter atau Paul ?

Semula cerita ini kuduga merupakan kisah drama psikologis tentang manusia yang memiliki dua kepribadian, dan ternyata dugaanku sedikit meleset yang berakhir dengan klimaks yang lumayan absurb menurutku. Bagai mebaca penggalan adegan drama yang mungkin dimaksudkan sebagai parodi yang sayangnya sama sekali tidak lucu, atau bisa jadi sebagai drama yang seharusnya menyentuh emosi namun justru berjalan lumayan ‘garing’ – meninggalkan aneka tanda tanya yang membuatku jujur mempertanyakan ‘apa sebenarnya maksud sang penulis ?’ Jika pernah menonton film berjudul ‘Mulitiplicity’ yang dibintangi Michael Keaton, kurang lebih gambaran kisah ini yang mungkin seharusnya terjadi. Sayangnya jika film tersebut mampu memberikan hiburan yang lucu sekaligus menyentuh, maka kisah ini justru berlalu begitu saja – hanya meninggalkan kesan yang membingungkan.

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...