Translate

Tuesday, July 14, 2015

Books "A PERFECT STRANGER"

Books “JIKA HATI SALING BERTAUT”
Judul Asli : A PERFECT STRANGER
Copyright © 1981 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Indri K. Hidayat
Cetakan V : April 2003 ; 504 hlm ; ISBN 978-979-511-981-4   
Harga Normal : Rp. 40.000,-
Rate : 2.5 of 5

Alex Hale – pengacara muda yang idealis sedang merenungi kehidupannya kala pernikahan yang dijalani selama 2 tahun bersama Rachel, kandas karena sang istri memiliki ambisi dan impian yang lebih tinggi dari sekedar pendamping dan pengurus rumah tangga. Rachel memilih karir dalam dunia politik yang menjanjikan kehidupan yang lebih menggairahkan daripada hanya menemani Alex sebagai seorang istri. Patah hati, Alex berusaha menata hatinya, tatkala ia tanpa sengaja ‘menyaksikan’ sosok waniat tak dikenal yang menggugah perasaannya yang sedang berkecamuk. Tanpa pernah mengetahui siapa gerangan sosok menawan yang sedang menangis di kejauhan, Alex tak pernah menyangka bahwa pertemuan yang unik itu merupakan awal dari serangkaian hubungan yang tak kalah anehnya – menanti di kemudian hari.


Raphaella de Mornay-Malle y de Santos y Quadral baru berusia 18 tahun ketika ia menerima lamaran dan menikah dengan John Henry Phillips IV – multijutawan yang berusia 40 tahun lebih tua dari gadis belia yang cantik nan elok. Banyak yang berspekulasi atas pernikahan tersebut, namun tiada yang menduga bahwa pernikahan yang terjadi benar-benar murni atas dasar kasih sayang yang terbentuk antar dua insan yang berbeda usia ini. Raphaella menerima perlindungan dan keamanan serta curahan kasih sayang yang diberikan oleh John Henry, hingga suatu saat, pahlawan pelindungnya terkena serangan stroke hingga harus menjalani kehidupan sebagai sosok yang lumpuh dan senantiasa membutuhkan bantuan pihak lain untuk melakukan kegiatan apa pun.

Baik Alex maupun Raphaella tak menduga sebuah benang merah akan terjalin ketika keduanya tanpa sengaja bertemu di dalam pesawat yang mereka tumpangi, dan menghabiskan waktu bersama bagaikan dua kenalan yang telah saling mengenal sekian lama. Alex yang telah merasakan kehampaan setelah hubungannya dengan Rachel berakhir, kembali menemukan ‘percikan’ yang semakin menyala dalam hatinya mendapati wanita yang wajahnya tertanam dalam benaknya kini muncul dalam wujud nyata di hadapannya. Rachel yang berusaha mencari penghiburan atas kesedihan yang sekian lama ia alami semenjak John Henry mengalami musibah, tak mampu menolak kehadiran dan kehangatan yang ditawarkan oleh Alex. Pertemuan tersebut kemudian menyusul pertemuan berikutnya, yang seharusnya tidak boleh terjadi antara dua insan yang tertarik satu sama lain.

Raphaella tak bisa menolak dirinya telah jatuh-hati (kedua kalinya) pada sosok Alex Hale, yang sama sekali berbeda dengan John Henry. Namun ia juga menyadari bahwa tiada masa depan bagi mereka berdua, terlebih karena kondisi John Henry membuatnya semakin bersalah hanya dengan memikirka pria lain selain suaminya. Alex Hale sangat terkejut tatkala mengetahui kebenaran jati diri wanita misterius yang telah menawan hatinya. Namun hal ini tak membuat dirinya mampu berpikir lebih jelas, karena satu hal yang ia ketahui, ia tak akan bisa melupakan Raphaella begitu saja. Atas dasar hal itu, Alex memutuskan untuk ‘mengejar’ Raphaella dan membujuknya untuk ‘meluangkan waktu’ bagi mereka berdua, terlepas kondisi terburuk yang harus mereka jalani karena status Raphaella. Ketika jalinan rahasia yang berlangsung cukup lama antara keduanya terjadi, tiada yang menduga sebuah ‘bom’ akan jatuh akibat pengkhianatan yang mengungkap skandal antara keduanya ...
“... banyak orang yang menghabiskan hidup mereka mencari cinta; mereka ingin merasakan cinta, mereka membutuhkan cinta dan mencari-carinya, tapi banyak yang tak pernah berhasil menemukannya. Kemudian, ada saatnya cinta itu datang sendiri ke pangkuan kita, mengetuk hati kita, dan berkata, ‘Inilah aku datang, ambil dan nikmatilah. Aku milikmu.’  Jika kau mendapat keberuntungan seperti itu, bisakah dirimu berpaling darinya ...” [ ~ Perfect Stranger | p. 162 ]
Tema yang sekilas merupakan ‘perselingkuhan’ – sesuatu yang sangat tidak kusukai, dikemas dalam sajian kisah yang diharapkan mampu menyentuh sisi romantisme kala dua insan yang jatuh hati tidak mampu bersatu karena kondisi sang suami yang lumpuh namun masih dinyatakan ‘hidup’ di dunia nyata. Kesan tragis seharusnya juga muncul dan mengguncang emosi pembaca, anehnya diriku justru tidak tergerak akan pergulatan maupun kesedihan yang dialami oleh baik Raphaella maupun Alex. Bahkan adegan-adegan yang mampu mengguncang emosiku muncul justru saat sosok John Henry tampil, dari awal pembukaan saat ia menawarkan ‘kehidupan baru’ terhadap Raphaella, kemudian ketika ia sengaja ‘mengundang’ Alex Hale untuk bertemu dengannya, hingga surat khusus yang ia tulis untuk Raphaella (ditulis dengan untaian kalimat yang sangat menyentuh). Karakter John Henry yang tampil sebagai latar belakang kisah ini, justru membekas sangat kuat pada diriku, tentang sosok manusia yang berjuang sepanjang hidupnya dan tak mudah menyerah atas segala cobaan dan derita yang ia alami.

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]  

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...