Translate

Sunday, December 6, 2015

Books "GONE GIRL"

Books “YANG HILANG”
Judul Asli : GONE GIRL
Copyright © 2012 by Gillian Flynn
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ariyantri Eddy Tarman
Editor : Reita Ariyanti
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang 
Cetakan I : 2014 ; 616 hlm ; ISBN 978-602-03-1072-5
Harga Normal : Rp. 112.000,-
Rate : 3.5 of 5

Sang istri menghilang, sang suami yang kebingungan ...
Nick dan Amy Dunne, pasangan muda yang menarik, menikah tanpa ada tanda-tanda akan memiliki anak, namun sekilas kehidupan rumah tangga mereka tampak normal layaknya pasangan lainnya. Hingga pada peringatan ulang tahun pernikahan kelima, Amy menghilang dari kediaman mereka. Nick yang pulang akibat laporan tetangga yang curiga akan kondisi rumah mereka, hanya menemukan tanda-tanda pergulatan di ruang duduk, tanpa jejak atau petunjuk di mana gerangan Amy berada. Pihak berwajib yang dipanggil untuk menyelidiki hal tersebut, justru mulai mencurigai Nick sebagai penyebab menghilangnya Amy, karena adanya beberapa petunjuk samar disertai alibi Nick yang sangat lemah.


Sang istri masih menghilang , sang suami mulai dicurigai sebagai tersangka ...
Namun kecurigaan tersebut tidak memiliki dasar bukti kuat untuk menahan Nick sebagai tersangka. Sementara di sisi lain, Nick Dunne bersikeras ada orang lain yang menyebabkan istrinya menghilang. Jika pihak berwajib tidak bersedia melakukan penyelidikan secara benar, maka ia akan melakukan hal itu sendiri, bukan hanya karena ia khawatir akan kondisi Amy, melainkan juga agar ia bisa membebaskan diri dari keterikatan hubungan dengan Amy – istri, kekasih, sekaligus wanita yang pernah ia cintai dan kemudian berubah menjadi sosok asing dalam kehidupan bersama mereka ...

Sang istri masih tidak dapat ditemukan, sang suami menempati ‘kursi panas’ sebagai pelaku yang menyebabkan sang istri hilang ... atau telah meninggal ?
Berawal dari kehebohan teman-teman yang sudah sempat membaca versi Inggrisnya, serta komentar bahwa ini adalah salah satu kisah yang unik, absurb, aneh tapi layak untuk dibaca, membuatku penasaran berat untuk membacanya. Belum sempat baca e-booknya,, ternyata versi terjemahannya muncul. Dari rasa girang, antusias untuk membeli dan membuka halaman-halaman awal, ternyata ekspektasiku secara perlahan-lahan mulai menurun. Awal kisah yang sebenarnya menggugah rasa penasaran semenjak Amy Dunne dinyatakan ‘menghilang’ dan keinginan untuk mengetahui kebenaran di balik peristiwa tersebut, ternyata harus melalui proses yang cukup panjang dengan alur yang lumayan lambat.

Sang istri ternyata bukan wanita penurut dan patuh seperti yang terlihat, dan sang suami ternyata menyimpan ‘kekasih’ lain yang merupakan rahasia ... ataukah demikian ?
Pembaca digiring untuk mengenal lebih jauh siapa sebenarnya Lance Nicholas ‘Nick’ Dunne – pria yang memiliki daya tarik tersendiri dan menghindari setiap tangung jawab atau beban masalah dalam kesehariaan dengan berpura-pura hal tersebut tidak pernah terjadi. Demikian pula dengan Amy Elliott yang dikenal sebagai Amazing Amy – karakter buku karangan kedua orang tuanya, Rand dan Marybeth Elliott, yang membuatnya membenci setiap perbandingan dirinya dan karakter Amazing Amy. Melalui narasi dua tokoh ini, secara perlahan terkuak kebenaran tentang kehidupan semu nan menyedihkan, kegetiran dan marah terpendam yang pada akhirnya meledak dalam wujud yang sama sekali tak terduga.

Sang istri menyimpan buku harian yang mencatat seberapa jauh ‘kebaikan’ sang suami, namun benarkah semua hal yang telah ia tulis ?
Jujur, baik tokoh Nick maupun Amy jauh dari jenis manusia yang bisa disukai, setidaknya demikian yang kurasakan. Keduanya sama-sama menunjukkan manusia-manusia yang memilih untuk mendapatkan keinginannya tanpa memperdulikan kepentingan atau kebutuhan pihak lain. Singkat cerita, walau tidak langsung dalam bentuk emosi yang meledak-ledak, baik Nick maupun Amy adalah pribadi yang egois dan sangat ‘sakit’ hingga mampu melakukan tindakan-tindakan yang mencelakakan pihak lain tanpa pernah berpikir dua kali bahwa itu adalah sesuatu yang terlarang. Jika ada jenis psikopat – sosok tanpa hati nurani yang berdarah dingin, maka tokoh-tokoh kisah ini merupakan contoh nyata yang lumayan menakutkan.

Bisa kupahami mengapa kisah ini dianggap sangat ‘absurb’ dan melengkapi sekian banyak koleksi bacaan tentang karakter-karakter ‘terganggu’ yang mampu melakukan ‘kejahatan’ dengan kepala dingin, penulis patut dicungi jempol karena membuat sajian kisah yang kompleks dan sampai sekarang pun masih membuatku geleng kepala, terutama dengan ending yang luar biasa mengejutkan. Tanpa membiarkan ‘spoiler’ mengalair lebih jauh, kisah ini boleh dibayangkan versi lain dari kisah Mr. & Mrs. Smith – film yang dibintangi oleh Brad Pitt dan Angelina Jolie, tentang sepasang suami-istri yang tampak sempurna dan cocok satu sama lain, ternyata masing-masing menyimpan rahasia kelam dan akhirnya mereka harus berhadapan sebagai musuh yang berusaha menghabisi / mengalahkan ‘musuh’ yang juga lawan tanding yang setara.

Satu-satunya kendala, alur kisah ini sangat lambat (yang sangat berbeda dengan Mr. & Mrs. Smith) membuatku kehilangan kesabaran dan nyaris bosan sebelum pada akhirnya mulai menemukan ‘sesutu’ yang mebangkitkan suasana, walau cukup memalukan karena daya tarik tersebut muncul justru saat karakter Nick dan Amy mulai menunjukkan sifat asli yang selama ini terpendam. Hingga menjelang akhir, diriku masih saja dikejutkan dengan ‘pilihan’ penulis atas kelanjutan kehidupan Nick dan Amy Dunne, bagai menonton kisah pasangan iblis dari neraka hahahaha ... entah kapan mereka akan saling ‘memangsa’ dan menghabisi satu sama lain. Seandainya saja alur kisah ini tidak sedemikian lambat, 4 bintang akan kuberikan terutama untuk ide dan plot yang sangat ‘twisted’ ini.

[ more about this author & related works, just check at here : Gillian Flynn | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Facebook | at Twitter ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...