Translate

Saturday, January 9, 2016

[ 2016 | Review #04 ] : "TRIBUTE"

Books “RAHASIA MASA LALU"
Judul Asli : TRIBUTE
Copyright © 2008 by Nora Roberts
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ambhita Dhyaningrum
Editor : Bayu Anangga
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Desember 2014 ; 632 hlm ; ISBN 978-602-03-1874-5
Harga Normal : Rp. 110.000,-
Rate : 3 of 5

Cilla McGowan – sangat terkenal di kalangan tertentu, berkat garis keturunan yang menghubungkan dirinya dengan aktris Hollywood ternama yang bisa dikatakan merupakan legenda tersendiri menyangkut karir serta perjalanan hidupnya, yaitu neneknya. Nyaris sebagian besar hidupnya, Cilla berusaha mengubur pengetahuan maupun upaya yang menghubungkan dirinya dengan masa lalu keluarganya. Bisa jadi karena ia tidak pernah bisa menikmati kehidupan normal berkat peran dan kontrol sang ibu – putri tunggal aktris Hollywood ternama yang tewas bunuh diri dan membuat kehidupannya porak-poranda.


Tiga puluh tahun berlalu, saat Cilla memutuskan mengambil alih pemeliharaan rumah kediaman sang nenek, warisan yang terbengkalai karena ibu Cilla sama sekali tidak memperdulikan rumah tempat kenangan masa kecil yang berusaha ia lupakan. Cilla yang memiliki kemampuan untuk melakukan restorasi dan renovasi, kini bersemangat untuk menjlani proyek khusus jangka panjang, membuat kediaman neneknya bukan saja kembali secara menakjubkan sebagaimana sejarah pernah mengenal kediaman sang aktris, tetapi juga menjadi kediaman impian Cilla, sesuai gambaran yang terpendam dalam benak serta imajinasinya.

Kedatangan Cilla secara diam-diam ternyata tidak berlangsung sesuai rencana, mengingat penduduk kota kecil Shenandoah Valley, di mana kediaman tersebut terpuruk selama bertahun-tahun, saling mengenal dan mengetahui urusan satu sama lain. Nama besar keluarga Cilla, menambah semakin cepat gunjingan menyebar ke seluruh penjuru kota. Apalagi semenjak Cilla memanfaatkan tenaga dan keahlian penduduk kota untuk membantunya mewujudkan proyek khusus ini. Cilla terbiasa mengurus dirinya sendiri dan mengabaikan gangguan berupa pihak-pihak yang ingin tahu menyangkut statusnya sebagai ‘selibriti’ di kota tersebut. Hingga salah satu gangguan muncul dalam wujud pria menarik nan seksi dan kebetulan tetangga barunya.

Ford Sawyer bukan pria biasa-biasa saja, ia juga cukup terkenal di kalangan khusus, seniman dan penulis grafis ternama yang sedang menjalani masa ‘liburan’ dengan menyewa kediaman di dekat kediaman baru Cilla, dengan alasan untuk menemukan ide-ide baru bagi proyeknya. Kedatangan Cilla di kota itu turut mengusik ketenangan Ford, tapi lebih karena ia mendapati dirinya tertarik untuk menggunakan sosok Cilla sebagai proyek terbarunya. Usaha Ford untuk bisa lebih dekat dan mengenal Cilla, ternyata membuatnya nyaris terobsesi pada wanita itu. Mendapati dirinya bisa dianggap tergila-gila pada wanita yang baru ia kenal, bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh Ford, karena ia sengaja memilih kota kecil demi ketenangan pikirannya.

Antara kesibukan membongkar rongsokan warisan neneknya dan renovasi secara bertahap, Cilla menerima uluran persahabatan Ford Sawyer, salah satu kegiatan yang mampu memberikan hiburan bagi dirinya. Ia menyukai Ford, walau cukup berhati-hati untuk tidak terlibat lebih jauh. Saat ia menemukan tumpukan surat-surat neneknya, dari sekedar usaha mencari tahu lebih dalam, neneka yang nyaris tidak pernah berani disebut agar tidak melunyut kemarahan ibunya, Cilla mendapati dirinya terdorong untuk lebih mengenal sang nenek dan kediamannya – yang memiliki kekuatan khusus, menarik Cilla ke masa lalu, menyelami dan mengetahui kehidupan aktris yang dikabarkan memiliki segalanya dan hidup bahagia, namun jika demikian, pertanyaan selanjutnya adalah mengapa ia melakukan bunuh diri ?

Kisah kali ini cukup unik atau bisa kukatakan ‘berbeda’ dengan sebagian besar karya NR yang pernah kubaca. Menggunakan daya tarik misteri di balik kematian aktris ternama 30 tahun silam, pembaca dibawa menelusuri lorong masa lalu, lewat karakter Cilla McGowan yang digambarkan acapkali mengalami ‘mimpi-nyata’ seolah-olah ia bersama sang nenek semasa hidupnya (sesuatu yang mustahil karena saat itu Cilla belum lahir di dunia). Unsur supranatural pernah juga diangkat dalam salah satu karya NR berjudul Carolina Moon (salah satu karya favoritku), dimana tokoh utama memiliki kemampuan ‘menerawang’ yang membawanya menelusuri kasus kematian salah satu orang yang dekat di hatinya di masa lalu. Kurang lebih serupa temanya, namun jujur diriku sedikit kesulitan mengikuti alur kisah yang melompat-lompat antara masa kini dan masa lalu yang nyaris tidak begitu jelas karena berupa pesan-pesan singkat dalam mimpi.

Di sisi lain, misteri yang menyelubungi dalam proses mengungkap skandal percintaan rahasia sang nenek, yang diharapkan menuntun Cilla pada pertanyaan yang menghantui keluarganya, mengapa sang nenek bunuh diri ... cukup berhasil membuatku bertahan menuntaskan bacaan 600 halaman demi menemukan jawabannya. Bisa dipastikan, ada pihak-pihak yang tidak menginginkan kehadiran Cilla di kediaman neneknya, apalagi melakukan riset dan penyelidikan masa lalu. Maka situasi semakin mencekam dan membingungkan saat Cilla mengalami gangguan dan teror mengerikan, termasuk percobaan pembunuhan berupa tabrak lari yang nyaris merenggut nyawa Cilla. Karakter Ford Sawyer sendiri bukanlah tipikal pria macho, jantan yang siap membela ‘sang putri’ – anehnya justru sosok Cilla berkesan sangat kuat dan gagah dalam menghadapi masalah demi masalah. Singkat cerita, ini bacaan yang cukup membingungkan (^_^)

Tentang Penulis :
Eleanor Marie Robertson yang dikenal sebagai Nora Roberts, lahir pada tanggal 10 Oktober 1950 di Silver Spring, Maryland, merupakan penulis asal Amerika dengan novel romance yang telah mencapai lebih dari 209 judul, sebagian besar dari karyanya senantiasa berada dalam daftar bestseller internasional. Berbagai penghargaan atas karya-karya turut melambungkan namanya sebagai penulis, tidak membuat karya-karya terhenti, justu ia semakin giat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Ia juga turut berperan sebagai salah satu pendukung setia dalam kegiatan RWA (Romance Writers of America),  hingga memperoleh perhatian khusus, yang menempatkan namanya dalam daftar organisasi Hall of Fame. Pada puncaknya, ia  memenangkan “the 19th  RWA’s RITA Awards” pada tahun 2006, sebuah penghargaan tertinggi bagi penulis romance. 

Selain menulis novel-novel romance, beliau juga menulis kisah romance dengan menggunakan setting masa depan ala sci-fi novel, serial Eve Dallas dengan nama pena JD Robb, yang ternyata juga mendulang kesuksesan yang tidak kalah dengan novel-novel lainnya. TIME Magazine bahkan memasukan namanya dalam daftar “100 Most Influential Peole in 2007” dan Nora Roberts satu-satunya penulis yang masuk dalam daftar tersebut, selain penulis lain bernama David Mitchell. Kesuksesan berbagai novelnya, mengundang perhatian media lain, sehingga pada tahun 2007 Lifetime Television memberikan kontrak untuk membuat seri TV Movies dari novel-novelnya, seperti Angel’s Fall, Montana Sky, Northern Lights, Midnight Bayou, High Noon, Tribute dan tentu saja Carolina Moon yang dibintangi aktris Claire Forlani, Oliver Hudson, dan Jacqueline Bisset.

[ more about this author and related works, just check at here : Nora Roberts | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb  ]

Best Regards,

@HobbyBuku 

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...