Translate

Saturday, January 9, 2016

[ 2016 | Review #01 ] : "SISTERS"

Judul Asli : SISTERS
Copyright © 2007 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Eveline Riyani Rahadi 
Editor : RC Rully Larasati & Reita Ariyanti
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Desember 2009 ; 480 hlm ; ISBN 978-979-22-5271-2 
Harga Normal : Rp. 45.000,-
Rate : 4 of 5

Menjelang perayaan Natal, masyarakat Connecticut dikejutkan oleh tragedi menyedihkan. Sebuah kecelakaan fatal merenggut nyawa Jane Adams, meninggalkan suami tercinta Jim dan pernikahan yang dibina selama 35 tahun, serta keempat putri mereka, Sabrina, Tammy, Annie dan Candace. Peristiwa yang mengguncang keluarga Adams memaksa kedatangan para gadis yang sibuk dengan kegiatan masing-masing di belahan kota yang berbeda-beda. Putri pertama, Sabrina (34 tahun) sibuk dengan tugasnya sebagai penasihat hukum biro ternama di New York, dan secara serius menjalin hubungan dengan kekasihnya Chris.


Sedangkan Tammy Adams (29) sangat terkenal sebagai produser acara TV dengan rating tertinggi di Los Angeles, dikenal sebagai ‘workaholic’ oleh keluarganya.  Si bungsu Candace (21 tahun) atau akrab dikenal sebagai Candy dikenal sebagai super model yang kini merambah dunia Internasional. Annie (26) satu-satunya yang tinggal di Florence, Italia untuk menekuni dunia seni lukis sesuai bakatnya yang luar biasa. Dan ia juga yang mengalami kecelakaan bersama sang ibu, nyaris tewas namun terselamatkan, walau harus menderita kebutaan secara permanen. Semenjak saat itu, kehidupan mereka tak pernah kembali sama seperti sedia kala.

Usai menjalani proses pemakaman sang ibu, dan berusaha memulihkan hati masing-masing, situasi berubah mengingat kondisi Annie yang kini buta. Ia harus didampingi secara penuh, dan ayah mereka sendiri yang masih sangat berduka, tidak bisa terlalu diharapkan mampu mengurus Annie. Kebutaan yang menghalangi satu-satunya hal yang sangat disukai oleh Annie, kekasihnya yang mencampakkan dirinya usai mengetahui dirinya menjadi buta, semuanya nyaris tak tertahankan oleh Annie. Demi menolong adik dan keluarganya, Sabrina dan Tammy akhirnya mengambil keputusan besar untuk ‘pindah’ tinggal bersama di apartemen yang akan dihuni oleh mereka berempat.

Tentu saja proses tersebut tidak mudah dilakukan oleh masing-masing pihak. Sabrina sibuk membagi waktu antara tuntutan pekerjaannya dan mengurus adik-adiknya, hingga hubungannya dengan Chris mulai renggang dan diwarnai pertengkaran demi pertengkaran. Tammy harus menghadapi kenyataan, karirnya yang berada di posisi puncak ternyata tidak bisa ‘dipindahkan’ begitu saja ke belahan kota lain. Dan Annie sendiri berjuang menemukan kembali panggilan hatinya, melalui serangkaian upaya ‘ikut-campur’ oleh kakak-kakaknya yang membuatnya nyaris memilih hidup sendiri daripada senantiasa direcoki oleh saudara-saudaranya.

Tema kisah ini cukup sederhana, keluarga yang dilanda tragedi mengejutkan dan merubah keutuhan serta kenyamanan yang selama ini terjalin. Namun justru  disinilah, penulis bisa bermain-main dengan memusatkan perhatian pada perkembangan hubungan keluarga yang ditinggalkan, terutama menyangkut 4 gadis bersaudara. Sedikit banyak, kisah ini mengingatkan diriku akan kisah klasik ‘Little Women’ karya Louisa May Alcott (salah satu kisah favoritku), tentu saja seting dan problematika yang terjadi jauh lebih modern namun ide dasar yang ada kurang lebih serupa, dan inilah yang membuatku terpikat dan hanyut dalam rangkaian pergulatan emosional yang terjadi pada Sabrina, Tammy, Annie dan Candy. 4 Bintang untuk ‘Sisters’ (^_^)

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...