Translate

Saturday, January 9, 2016

[ 2016 | Review #02 ] : "FAMILY ALBUM"

Books "ALBUM KELUARGA"
Judul Asli : FAMILY ALBUM
Copyright © 2005 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Istiani Prajoko
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Juli 2005 ; 600 hlm ; ISBN 978-979-22-1412-3 
Harga Normal : Rp. 65.000,-
Rate : 3.5 of 5

Faye Price – bintang muda Hollywood yang sedang naik daun, bukan hanya cantik dan menawan, ia juga memiliki kecerdasan sekaligus kebaikan hati yang membuat dirinya menjadi pujaan masyarakat maupun orang-orang yang mengenal dirinya lebih dekat. Dilahirkan dari keluarga yang kekurangan, justru membuat dirinya menjadi pekerja yang keras dan ulet, sesuatu yang menentukan kenaikan karirnya secara pesat. Banyak kaum pria yang berminat untuk menjadi kekasihnya, namun Faye memilih fokus pada pekerjaan yang anehnya sangat ia sukai. Hingga suatu hari ia mendapat kunjungan dari Ward Thayer – pria tampan yang pernah ia jumpai dua tahun silam kala sedang menghibur para prajurit yang maju perang di Guadacanal. Letnan muda yang mengusik simpati serta perhatiannya dalam waktu singkat, namun tenggelam dalam kenangan selama dua tahun, kini kembali dalam kondisi yang berbeda.


Mayor Ward Thayer merupakan sosok misterius bagi Faye, mengingat ia tak bersedia mengungkap latar belakang kehidupannya secara gamblang. Bagaimana mungkin pria yang mengaku sebagai ‘pengangguran’ usai perang, ternyata dikenal baik oleh kalangan elite papan atas. Ketika kebenaran akhirnya terungkap, bahwa Ward Thayer tidak lain jutawan pewaris Thayer Shipyard yang terkenal, selain itu ia juga mendapat julukan playboy akibat petualangannya sebelum berangkat perang. Ward yang kini dikenal oleh Faye, tampaknya telah banyak berubah, lebih matang dan lebih memilih orang-orang yang menjadi teman pergaulannya. Satu hal yang pasti, Ward telah lama jatuh hati pada sosok Faye, tepatnya pada pertemuan pertama mereka dua tahun silam. Dan kini, ia siap untuk memperjuangkan impiannya, meraih hati Faye sebagai pendamping yang akan menghabiskan waktu bersama-sama di masa depan mereka.

Pernikahan yang terjadi menimbulkan kehebohan, bukan saja karena mereka merupakan pasangan jutawan dan bintang tenar Hollywood, tetapi juga pilihan Faye untuk berhenti dari karirnya yang sedang berada di puncak, untuk fokus pada peran barunya : sebagai istri dan ibu rumah tangga baru. Karir gemilang Faye Price yang dirAih melalui perjuangan yang cukup berat nan panjang, kini digantikan dengan kemewahan dan kenyamanan yang dicurahkan setiap saat oleh Ward bagi kekasih hatinya. Kelahiran anak-anak mereka, Lionel, Greg, si kembar Vanessa dan Valerie turut mewarnai hari-hari keluarga Thayer. Faye tak pernah menyangka masa depan keluarganya akan berubah secara drastis akibat perbuatan suaminya, dan situasi nyaris tak terkendali tatkala ia mengetahui kebenaran yang berusaha disembunyikan oleh Ward sekian lama ...

Jutawan dan pewaris kekayaan Thayer, mengalami kebangkrutan bahkan memiliki hutang-piutang yang sangat besar di berbagai pihak. Kebiasaan Ward yang gemar menghambur-hamburkan uang dengan alasan memanjakan keluarganya, menghabiskan waktu bersenang-senang alih-alih serius menekuni pekerjaan, sudah lama menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Faye. Namun ia tak pernah menduga bahwa Ward akan terlibat lebih dalam hingga bisa dikatakan ‘menghabiskan’ harta kekayaan keluarganya. Perusahaan besar milik keluarga pun ternyata sama sekali tak pernah diurus oleh Ward. Faye yang baru saja melahirkan putri bungsu mereka, Anne – harus berjuang menyelamatkan keluarganya, karena Ward tampaknya tak memiliki keberanian atau niat untuk mencari jalan keluar dari kemelut yang membelenggu keluarganya.

‘Album Keluarga’ merupakan cerminan gejolak kehidupan rumah tangga pasangan Ward dan Faye Thayer yang dari luar terlihat bagai kehidupan yang nyaris sempurna. Pada awalnya, sosok Ward Thayer bagai seorang pahlawan, kembali dari medan perang dengan status terhormat, memiliki kekayaan dan jaminan masa depan nan gemilang, hingga mampu memikat hati Faye Thayer – bintang idola yang berada di puncak karirnya. Seiring dengan waktu, terbukti justru karakter Faye menjadi pusat kekuatan keluarganya. Ia adalah gambaran wanita yang tidak mudah menyerah dan senantiasa berjuang hingga tetes darah terakhir. Keberanian Faye untuk kembali ‘mencari’ pekerjaan demi memenuhi nafkah keluarganya, menjual semua harta benda yang tersisa untuk melunasi hutang-hutang yang dibuat oleh Ward, merupakan ‘satu-satunya’ faktor yang membuatku menyukai kisah ini.

Penulis berusaha menambahkan ‘konflik’ yang membuat gelombang pasang kembali menerpa ketenangan dan kedamaian keluarga yang berusaha dibangun oleh Faye. Dari putra sulungnya yang ternyata gay – hingga diusir keluar dari keluarga oleh Ward (menunjukkan betapa picik pemikiran Ward yang masih berpegang pada isu moralitas sebagai kedok menyangkut situasi yang terjadi pada putranya), Greg yang mendapat panggilan militer untuk terjun di medan perang, si bungsu Anne yang melarikan diri dan menghilang selama berbulan-bulan, terjunnya Valerie dalam dunia perfilman kategori rendah, dan Vanessa yang tidak percaya pada kehidupan pernikahan sebagai pilihan masa depannya, semuanya cukup menarik, walau tetap tampil cukup ‘datar’ tanpa kekuatan emosional yang lebih dalam sebagaimana ciri khas karya-karya penulis.

Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...