Translate

Monday, February 1, 2016

[ 2016 | Review #34 ] : "P.S. I STILL LOVE YOU"

Books "P.S. I STILL LOVE YOU"
Copyright © 2015 by Jenny Han
Penerbit Spring
Alih Bahasa : Airien Kusumawardani
Editor : Selsa Chintya
Proofreader : Titish A.K.
Ilustrasi isi : @teguhra
Cetakan I : September 2015 ; 356 hlm ; ISBN 978-602-71505-3-9
Harga Normal : Rp. 65.000,-

Lara Jean seharusnya merasa lega. Ia tidak perlu lagi berpura-pura menjadi kekasih Peter Kavinski. Apalagi terbukti cowok itu sama dengan cowok-cowok lain, yang gemar menyebar isu menyangkut hubungannya dengan gadis-gadis. Dan Lara Jean menolak untuk menjadi bagian dari kehidupan yang tidak pernah ia lakukan. Tapi mengapa justru ia merasakan ‘sesuatu’ yang aneh, hampa, sepi dan anehnya merindukan percakapan kecil yang ia jalani akhir-akhir ini bersama Peter. Setiap kegiatan, benda-benda yang ada di sekelilingnya, mengingatkan keberadaan cowok itu, terutama cecaran pertanyaan Kitty yang selalu menanyakan Peter, mengusik ketenangan hati serta pikirannya. Apakah ia harus berterus terang tentang ‘perasaannya’ di kala mereka sepakat untuk tidak melanjutkan ‘sandiwara’ sebagai sepasang kekasih ?

Kelanjutan kisah Lara Jean Song-Covey melalui petualangan surat-surat cinta kepada 5 cowok yang ‘tidak-sengaja’ terkirim, benar-benar mengusik rasa penasaran dalam diriku, apakah Lara Jean akhirnya menemukan cowok yang benar-benar sesuai dengan dirinya ? Dengan perkembangan situasi yang semakin kompleks saat Margot akhirnya mengetahui ‘perasaan’ adiknya terhadap Josh Sanderson – mantan kekasihnya, persaingan aneh antara Josh dan Peter untuk menarik perhatian Lara Jean maupun Kitty, hingga muncullah sosok John Ambrose McClaren secara tak terduga, kembali ke kota dimana pernah terjalin persahabatan antara mereka : Peter, John, Chris termasuk Lara Jean dan Genevieve. Di luar dugaan, John menyimpan ‘rasa suka’ semenjak dulu terhadap Lara Jean, dan kini ia siap untuk berjuang mendapatkan hati Lara Jean walau harus berhadapan dengan Peter Kavinsky – yang pernah menjadi sahabat dekatnya.

Kali ini, diriku menemukan ‘cowok favorit’ terbaru : John McClaren yang termasuk kategori ‘cowok baik-baik’ dengan daya pikat tersembunyi, memiliki otak cerdas sekaligus keteguhan dalam mewujudkan impiannya. Hubungan antara Lara Jean dan John yang dicomblangi Stormy – panggilan akrab nenek John yang super keren, salah satu penghuni Belleview, rumah singgah untuk lanjut usia dimana Lara Jean menjalankan tugas sosialnya, termasuk kisah-kisah yang mencuri perhatianku. Gara-gara ini pula, diriku berharap agar Lara Jean akhirnya ‘menerima’ John yang terus saja mendapat nilai “plus’ jika disandingkan dengan Peter. Sedangkan sosok Peter Kavinsky, walau tetap menyandang label ‘cowok keren’ – memandang dari sudut pandang Lara Jean, hubungan yang terjalin antara dirinya dengan Genevieve cukup membuat siapa pun curiga, mengingat sejarah hubungan mereka yang putus-sambung.

Sisi romantisme yang sweet juga lebih terasa dalam interaksi antara Lara Jean dan John McClaren, plus penuh dengan adegan-adegan menggelitik penuh humor yang dikombinasi dengan ‘ketulusan’ yang terasa pada perhatian John #duhhhbikinklepekklepek. Jelas terlihat ya, diriku pro pada pihak yang mana. Tapi apakah keinginanku bakal terwujud ? Well, tanpa bisa mengungkap apa yang akan terjadi menghindari ‘spoiler’ – penulis memutuskan Lara Jean memiliki kekuatan untuk menyatakan isi hatinya terlepas dari akhir yang bisa saja sangat menyakitkan. Pertanyaannya, siapkah dirimu sebagai pembaca untuk mengikuti jejak langkah dimana akhirnya Lara Jean harus mengambil keputusan antara dua pilihan yang sama sulitnya ? Walau ending kisah ini bisa kukatakan semi anti-klimaks, buku kedua ini tetap menjanjikan sajian nan memikat, meskipun tidak sebesar buku pertamanya ...

“Sebagian besar dari cinta adalah kemungkinan. Ada sesuatu yang menakutkan dan indah tentang itu. Sekarang aku tahu kalau aku tidak mau mencintai atau dicintai hanya setengah-setengah. Aku mau semuanya. Dan untuk mendapatkan semuanya, kau harus mempertaruhkan segalanya. Jadi aku meraih tangannya dan meletakan di atas jantungku, dan berkata, ‘Kau harus menjaga ini baik-baik, karena ini milikmu."

Judul Asli : P.S. I STILL LOVE YOU
[ book 2 of TO ALL THE BOYS I’VE LOVED BEFORE Series ]
Copyright © 2015 by Jenny Han
Rate : 3.5 of 5

Tentang Penulis :
Jenny Han dilahirkan dan dibesarkan di Richmond, Virginia. Ia bersekolah di University of North Carolina, dan mndapatkan gelar MFA di bidang sastra untuk anak-anak di New School, New York. Saat ini ia tinggal di Brooklyn. Jika ia bisa tinggal di Hogwarts, ia akan tinggal di asrama Slytherin. Ia TIDAK suka buku memasak, cowok dengan jerawat, biskuit dengan margarin dan selai, tidur siang, dan popcorn di bioskop.

[ more about this author & related works, just check at here : Jenny Han | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...