Translate

Tuesday, February 2, 2016

[ 2016 | Review #35 ] : "ZOYA"

Judul Asli : ZOYA
Copyright © 1998 by Danielle Steel
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Ny. Suwarni A.S.
Cetakan III : Juni 2005 ; 560 hlm ; ISBN 978-979-605-968-1
Harga Normal : Rp. 60.000,-
Rate : 3 of 5

‘Zoya’ adalah salah satu karya Danielle Steel yang sempat kuingat pada masa ‘curi-curi baca’ di perpustakaan sekolah, karena kategori romance untuk dewasa hanya diperbolehkan dibaca dalam pengawasan Suster (iyaaa...dulu masuk sekolah Katolik yang masih diawasi Suster-Suster, alhasil bacaan romance termasuk yang daftar ‘terlambat’ dinikmati hahaha), dan entah mengapa kesan yang tertanam membuatku memasukan buku ini dalam daftar wishlist ... hingga sekarang. Dari rasa penasaran untuk mendapatkan pengalaman yang serupa, ternyata harus berhadapan dengan fakta, diriku sudah tidak ‘serupa’ dengan waktu pertama kali membaca buku ini #sigh.


Mengambil latar belakang kehidupan keluarga Tsar Nicholas – penguasa terakhir Rusia yang menandai berakhirnya pemerintahan ‘imperial’ dan masuknya paham komunis melalui kampanye kaum Bolshevik. Tokoh utama kisah ini adalah Zoya – gadis remaja yang cantik di usianya ke-17, anak kedua pasangan Konstantin dan Natalya Nicolaevich, yang juga sepupu dekat Tsar Nicholas. Kehidupan mereka sebagai keturunan bangsawan terhormat memungkinkan untuk menikmati hidup cukup mewah di saat gejolak revolusi mulai berkembang. Namun tiada yang menduga malapetaka akan segera terjadi pada bangsa dan negara mereka, terutama menyangkut keselamatan nyawa mereka sendiri.

Tragedi dimulai dengan kematian Nicolai ‘Nicky’ – kakak tersayang Zoya yang terlibat dalam aksi kerusuhan di St. Petersburg. Situasi berubah dengan cepat, sementara Natalysa dalam kondisi shock akibat kematian Nicky, Konstantin yang berusaha mencari jalan keluar bagi keluarganya, tewas terbunuh oleh anggota pasukan yang memberontak. Zoya dilarikan oleh sang nenek Countess Evgenenia Peterovna Ossupov bersama Feodor, pelayan setia keluarga, ketika pasukan menyerbu kediamannya. Zoya harus menghadapi kematian kakak, ayah dan ibunya sekaligus yang kehilangan ingatan dan meloncat dari lantai atas kediaman mereka.

Maka dimulailah perjalanan panjang Zoya bersama sang nenek. Dari kediaman Tsar Nicholas yang menerima mereka dengan tangan terbuka, hingga pelarian keluar negeri karena status Tsar beserta keluarganya dalam bahaya ancaman kaum pemberontak. Menyeberangi benua menuju Paris, kehidupan baru menanti ‘mantan’ anggota bangsawan terhormat, dan perjuangan hebat mengalahkan rasa takut, malu, kepedihan sekaligus menekan harga diri atas status mereka yang biasa dihormati. Zoya mencari pekerjaan atau kegiatan yang bisa memberikan pemasukan bagi keluarga barunya. Melakukan audisi sebagai penari balet pada grup Balet Rusia ternama, ia jalani dengan senang hati. Dan ini merupakan awal perubahan kecil bagi masa depan Zoya.

Ternyata gaya penulisan Danielle Steel yang bertele-tele dan nyaris ‘datar’ juga mewarnai kisah ini. Hal ini masih ditambah dengan penuturan yang anehnya ‘meloncat-loncat’ dari satu adegan ke adegan lain bahkan pada dialog-dialog tertentu tanpa ada ‘aba-aba’ perubahan yang membuatku beberapa kali kehilangan arah. Ada pula istilah-istilah dan panggilan yang campur-aduk dan membuatku harus berbalik ke halaman-halaman sebelumnya untuk mengetahui ‘bagian’ mana yang benar – entah ini memang kesalahan dari versi aslinya atau merupakan hal-hal yang terlewatkan oleh sang penerjemah dan editor, yang jelas hal ini cukup mengusik diriku dalam usaha menikmati kisahnya.

Latar belakang kehidupan Tsar Nicholas beserta keluarganya bisa dikatakan satu-satunya daya tarik kisah ini. Sang Tsarina, Alexandra adalah wanita Jerman sekaligus saudara kandung Natalya, walau sifat serta karakter mereka sangat berbeda. Persahabatan antara keluarga Tsar dengan keluarga sepupunya memungkinkan Zoya menganggap mereka sebagai keluarga kedua. Kelima anak Tsar menempati porsi cukup singkat yang digambarkan melalui jalinan persahabatan dan korespondensi jarak jauh serta rahasia, yang dilakukan oleh Zoya selama masa pengasingan keluarga Tsar. Hingga pembantaian yang menjadi catatan sejarah serta mitos tentang selamatnya salah satu putri Tsar, Anastasia ...

But then again, it’s another story, let’s back on Zoya’s – dimana penulis tak pernah lupa memunculkan sosok ‘pahlawan’ pria yang menyelamatkan ‘damsel in distress’ maka peranpun beralih pada Clayton Andrews – kapten pasukan Amerika yang terpikat pada Zoya saat melihat pertunjukkan balet. Ia berusia lebih dari 40 tahun dan Zoya baru menginjak usia 18 tahun, satu lagi ciri khas penulis, yang entah mengapa gemar sekali menjodohkan gadis remaja dengan pria setengah baya, jadi teringat novel-novel roman ala Barbara Cartland hahaha ... tapi itu kan kisah tentang kehidupan abad pertengahan #sigh – apa memang di abad ke-20 masih berlaku kisah asmara model begini ?

Dan ini membuatku kembali mempertanyakan ‘akal sehatku’ – demi apa dulu sempat gandrung banget sama cerita seperti ini. Sepertinya sekarang diriku sudah beranjak ‘dewasa’ huahahaha, jadi membaca romansa seperti ini bukannya berkesan romantis malah bawaan bosen sampai lama-lama jengkel juga. Ohhh, jangan lupakan sisi ‘tragedi nan tragis’ – satu lagi kegemaran sang penulis. Karena Zoya harus mengalami patah hati-pulih-patah hati-pulih...berulang kali. Keluarganya tewas satu demi satu, kerabatnya yang tersisa menyusul kemudian, suami pertama tewas akibat serangan jantung meninggal hutang yang bikin bangkrut keluarga, nyaris jadi wanita penghibur dan kehilangan kedua anaknya dalam kebakaran, suami kedua tewas pula dalam perang ...

Singkat cerita, ini sama-serupa-kembaran-pengulangan karya-karya penulis yang sudah kubaca sebelumnya, hanya beda gelar dan latar belakang sejarah yang digunakan. Akhirnya, tuntas deh petualangan bersama tante DS (buku sebelumnya, Granny Dan akan kutulis ulasannya menyusul) dan bagi yang (masih) gemar membaca kisah-kisah ‘drama’ romansa yang benar-benar full-drama serta tragedi ala sinetron, silahkan mengambil alih koleksi DS-ku yang masih tersisa. Khusus dijual harga super-sale lho (^_^) – nanti cek langsung ke postingan ‘Cuci Gudang 2016’ ya, rencananya bakal terbit dalam minggu ini juga. Untuk Countess Zoya kuberikan 3 bintang besar.

"ZOYA" TV Series Trailer [ source : YouTube ]



Tentang Penulis :
Danielle Steel, lahir pada tanggal 14 Agustus 1947, terlahir dengan nama Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel, dikenal sebagai penulis asal Amerika yang terkenal dengan novel-novel bergenre romance dan drama. Sampai dengan tahun 2005, karya-karyanya telah terjual lebih dari 800 juta copy di seantero dunia dan menempati posisi ke-4 sebagai bestselling author, serta senantiasa menduduki rating dalam New York Times Bestseller, sekaligus telah diadaptasi dalam berbagai serial / drama televisi.

Dibesarkan oleh sang ayah ketika kedua orang tuanya bercerai saat ia baru berusia 8 tahun, maka masa kecilnya dihabiskan antara kota New York dan keliling Eropa (paling sering di Prancis). Semenjak kecil, ia suka menulis puisi, namun kegemarannya akan dunia tulis-menulis baru terwujud saat ia bercerai dari suami pertama Claude-Eric Lazard, yang dinikahinya pada usia 18 tahun. Dan pada tahun 1972, novel pertamanya “Going Home” yang berfokus pada kisah rumah tangga dan hubungan antar manusia. Menyusul novel kedua dan ketiga : “Passion’s Promise” dan “Now and Forever”  yang mengalami kesuksesan, berbeda dengan hubungan pribadinya dengan kaum pria.

Dengan novel-novel yang telah diterjemahkan lebih dari 28 bahasa dan beredar di lebih dari 47 negara, tak heran jika beliau masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 1989 sebagai penulis yang karyanya berada di posisi puncak New York Times Bestseller selama 381 minggu berturut-turut. Hingga kini, beliau telah merilis novel yang ke-86 di tahun 2012, di luar karya tulis non-fiksi serta berbagai serial cerita bergambar untuk anak-anak,  dan tampaknya tidak akan berhenti sampai disini. Dengan 24 judul novel yang telah diadaptasi sebagai film, dan menyusul novel ke-25  berjudul ‘Hotel Vendome’ yang sedang dikerjakan untuk rilis pada tahun 2013.

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Steel (USA) |  Danielle Steel's Blog | Danielle Steel (UK) | at Random House | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter | at Facebook ] 

Best Regards,

@HobbyBuku


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...