Translate

Monday, February 22, 2016

[ 2016 | Review #38 ] : "ACCIDENTALLY ENGAGED"

Books “DITODONG TUNANGAN”
Judul Asli : ACCIDENTALLY ENGAGED
Copyright © 2006 by Mary Carter
Penerbit GagasMedia
Alih Bahasa : Icha Rahmanti
Editor : Christian Simamora
Lay-out : Wahyu Suwarni
Desain sampul : Dwi Anisa Anindhika
Cetakan II : Desember 2007 ; 452 hlm ; ISBN 978-979-780-192-2
Harga Normal : Rp. 40.000,-
Rate : 3.5 of 5

~ WARNING SPOILER ALERT ~

Clair Ivars, seorang peramal tarot profesional sedang ‘bete berat’ dan bersiap-siap untuk pulang menjalani perjalanan spiritual tahunan, saat Brian – rekan seprofesi di Chicago Physic Fair yang diadakan oleh Healing Art Community Center, memohon-mohon agar Clair mau menerima Rachel Morgan yang berani membayar mahal untuk diramal.


Namun saat berhadapan langsung dengan Rachel yang ditemani temannya bernama Susan, terbukti bahwa  klien yang bersedia membayar mahal ini terbukti ‘gila’. Bagaimana tidak, pertama Susan menarik dirinya dan berbisik agar memberikan ramalan yang bagus-bagus maka Clair akan dibayar 200 ratus dollar padahal tarif normal Clair hanya 25 dollar.

Dan yang lebih gila setelah itu Rachell meminta dirinya untuk memberikan ramalan buruk tentang pertunangan agar ia dapat terlepas dari pernikahan yang akan berlangsung. Jika Clair tidak bersedia mengabulkan permintaannya, maka Rachell akan bunuh diri di depan Clair. Walaupun berbohong tentang hasil ramalan melanggar segala kode etik percenayangan ( menurut Clair aturan itu ada walau tidak tertulis ).

Tetapi menghadapi psikopat jelas berbeda, maka Clair mengabulkan permintaan Rachell ( sekaligus agar sesi tersebut cepat selesai ). Dan apa yang terjadi … setelah Clair memberikan ramalan penuh malapetaka tentang pertunangan Rachell, calon pengantin justru bertambah histeris dan lari meninggalkan Clair, meninggalkan cincin berlian tiga karat, cincin pertunangan Rachell.

Singkat cerita, Clair berniat menyimpankan cincin tersebut sampai Rachell menghubungi kembali, dan ia meneruskan rencana perjalanan spiritual tahunan yang terganggu. Dan muncullah Terri Lang ( ini adalah penguntit yang selalu meminta ramalan pada Clair tentang apapun, dimanapun dan kapan saja ) yang membawa majalah berisi selebaran kontes yang membuat Clair merubah rencananya.

Mengapa ? Karena di majalah itu ada  foto Jack Herron ( tunangan Rachell, saudara Susan yang menyebalkan ) dan ternyata ia keren, cute, tajir, dan keluar firasat dalam dirinya yang langsung berkata, ‘Dia-lah soulmate-mu, Clair’ Selama ini Clair telah mencari The One dalam hidupnya ( sama saat ia menikah dengan ketiga mantan suaminya ), namun tak satu dari mereka sesuai impiannya.

Dan kali ini ia yakin sekali akan firasat keberuntungannya. Maka berangkatlah Clair Ivars menemui Jack Herron, pemilik Herron Estate penghasil wine ternama dengan tujuan mengembalikan cincin pertunangan yang ditinggalkan tunangannya sekaligus menjumpai sosok Jack Herron yang menawan ( paling tidak Clair bisa menghibur saat memberitahukan bahwa Rachell telah mencampakkan Jack ).

Well, terus terang buku ini kubeli karena covernya warna ungu dengan gambar-gambar kartu tarot plus sinopsis yang mengundang rasa penasaran. Jika ada tokoh Becky Bloomwood si Shopaholic karya Sophie Kinsella, maka tokoh Clair Ivars tidak kalah ‘kacau-nya’ sampai  bikin geli sekaligus gemas. Bayangkan saja ia seenaknya ‘nyelonong’ masuk kediaman keluarga Herron yang bak istana.

Bukan saja kondisinya amburadul, kusut, kotor karena menumpang mobil para tukang kebun sewaan, usai mengalami kecelakaan ajaib yang membuat mobilnya terbang melayang. Ia bahkan sempat-sempatnya mencium cowok tak dikenal di atas truk. Kekacauan berlanjut saat Clair iseng-iseng mencoba cincin tersebut sebelum dikembalikan dan coba tebak, yap - cincinnya ‘nyangkut’ tidak bisa keluar dari jarinya.

Clair berencana ‘menembak’ Jack Herron sebagai soulmate-nya mengalami halangan besar. Mulai dari ibu Jack, Madeline – Sang Penguasa di Istana Herron. Kemudian ada  Susan, saudara Jack dan teman Rachell. (Untungnya) Clair bisa membungkam Susan dengan hasil ramalan masa depan adanya skandal perselingkuhan antara suaminya dan pengasuh anak.

Walau hal itu tidak berlangsung lama karena Nanny terbukti ‘penyuka sesama jenis’ hahaha. Kesulitan Clair masih ditambah dengan sosok Anderson – Kepala Rumah Tangga Herron yang entah mengapa suka muncul secara diam-diam mengejutkan Clair (anehnya hampir selalu saat ia bersembunyi untuk ‘menguping’ pembicaraan orang lain juga demi mendapatkan rahasia dan skandal baru).

Namun penyebab utama Clair mengalami pusing kepala dan kacau hati, gara-gara munculnya Mike Wrench, yang dikira tukang kebun (cakep) yang dicium diatas truk gara-gara ditantang para pekerja lain. Mike ternyata bukan ‘sekedar’ tukang kebun karena ia pendamping pria Jack, sahabat sekaligus partner di Herron Estate. Anehnya  disaat-saat terakhir justru Mike yang ada dalam pikiran Clair alih-alih Jack.

Celakanya Clair bertemu Grandma Elizabeth yang rada-rada gila, masakan Clair terus dipanggil sebagai Rachell dan selalu berusaha mendekatkan Jack dengan Clair ( yang tetap dipanggil Rachell ). Jack akhirnya meminta Clair berpura-pura mengikuti permainan aneh itu karena sang nenek sudah 2 tahun mendekam di dalam kamarnya ( kuat banget ) akhirnya sang nenek mau keluar setelah kedatangan Clair.

~ Mary Carter ~
Nah kerumitan serta kekacauan semakin lama makin heboh, saat Clair mulai ‘suka’ pada Mike, tenyata Mike punya hubungan rahasia dengan Madeline ( bahkan Mike Wrench bukan nama aslinya #waduh ). Saat Jack mulai menaruh perhatian terhadap Clair, Brian muncul beserta Terri Lang dan Abby Ivars ( kakak Clair yang sedang mencari jodoh ) bikin urusan tambah runyam.

Situasi tentang mobil sewaan yang terbang melayang ternyata ditemukan dalam keadaan tak bercacat sedikit pun ( hingga polisi menarik kesimpulan Clair agak gila atau seorang penipu ). Cincin berlian warisan keluarga yang diagung-agungkan ternyata berisi berlian imitasi. Rachell akhirnya muncul setelah menghilang sekian lama, langsung menuduh Clair sebagai biang kerok pelaku pemerasan terhadap dirinya dengan bukti selembar cek ditujukan kepada Clair.

Bingung ? Hahaha … ikuti saja perjalanan Clair Ivars yang ternyata telah diramalkan oleh almarhum neneknya, perjalanan panjang Clair hingga harus menikah 3 kali sebelum bertemu The One. Meski ada beberapa kalimat yang terasa agak mengganggu dalam edisi terjemahan ini, namun secara keseluruhan ini buku yang lumayan menghibur terutama bagi yang lagi ‘bete’ atau stress, membayangkan ‘kacaunya’ kehidupan Clair Ivars ...

[ more about this author & related works, just check at here : Mary Carter | on Goodreads ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...