Translate

Sunday, March 27, 2016

[ 2016 | Review #49 ] : "DREAMING OF YOU"

Books “MEMIMPIKANMU”
Judul Asli : DREAMING OF YOU
[ book 2 of GAMBLER OF CRAVEN’S Series ]
Copyright © 1994 by Lisa Kleypas
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Melody Violine
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : April 2013 ; 440 hlm ; ISBN 978-979-22-9443-9
Harga Normal : Rp. 60.000,-
Rate : 4 of 5

Setelah membahas kehidupan Lily Lawson dan perjuangannya menemukan impian serta masa depannya yang lebih baik, kini giliran Derek Craven. Dari buku pertama serial Gamblers, kemisteriusan Derek Craven membuatku ingin segera mengungkap apa sebenarnya yang disembunyikan oleh Derek. Ia bahkan bersedia ‘melepas’ satu-satunya wanita yang ia sayangi kepada pria lain, karena merasa dirinya tak layak untuk mengambil posisi sebagai penyelamat. Ia dilahirkan oleh seorang pelacur jalanan, bahkan terlahir di tengah parit kota dan ditinggal untuk tewas oleh sang ibu, sebelum ditemukan dan dirawat oleh sekelompok pelacur lain. Perjalanan panjang penuh kekerasan, deraan, siksaan dan penderitaan mewarnai kehidupannya.


Namun Derek memiliki impian untuk keluar dari lubang gelap yang menyelimuti kehidupannya. Dan ia berhasil. Bahkan membangun Craven’s – klub judi eksklusif yang sangat terkenal, sekaligus menambah jajaran pemasukan besar dari sekian banyak usaha yang ia miliki. Derek Craven adalah pria terkaya di Inggris, walau status sosialnya tetap dianggap sebagai rakyat jelata yang tidak layak menempati kedudukan terhormat bersama keturunan bangsawan lainnya. Sosoknya menjadi legenda tersendiri di masyarakat, sebagian mengagumi keberanian dan kesuksesan yang dirintis dari bawah, namun mayoritas memandangnya dengan rasa iri dan dengki, bercampur ngeri dan takut akan sosok Derek sebagai Iblis dari Neraka.

Menjalani kehidupan glamour namun tak sedikit pun mencecap kepuasan, membuat Derek senantiasa ‘lapar’ akan pencapaian-pencapain hal-hal baru. Hanya satu hal yang telah lama ia lepaskan, impian untuk memiliki pasangan hati, karena jauh di dalam lubuk hatinya ia tak akan berani menempuh ‘kejatuhan’ seandainya ia memperbolehkan dirinya mencecap ‘cinta-kasih’ yang sebenarnya. Bahkan Lily Lawson – satu-satunya wanita yang diperbolehkan dekat dengan hatinya, tak mampu mengusir ketakutan yang mencengkeram Derek sepanjanng hidupnya. Dan suatu hari, perwujudan tak terduga muncul dalam kehidupan Derek, bagai angin puyuh memporak-porandakan hati, jiwa dan seluruh hidupnya ...

Sarah Fielding memiliki penampilan ‘sangat biasa’ bahkan nyaris tak akan dilirik untuk kedua kalinya oleh kaum pria. Di balik penampilan tersebut, ia memiliki otak yang luar biasa dan rasa ingin-tahu serta imajinasi sangat besar. Tak heran jika diam-diam ia merupakan penulis novel kontroversial yang memiliki penggemar luas di Inggris. Tiada yang percaya bahwa kisha yng ditulisnya berasal dari sosok gadis sederhana yang selamanya menjalani kehidupan di desa. Hidup dan masa depan Sarah terlihat jelas, ia telah menjalani masa pertunangan lumayan panjang dengan pria yang sangat ia kenal sepanjang hidupnya, bersiap menikah segera setelah calon ibu mertuanya yang sulit menyetujui.

Namun sebelum hal itu terjadi, Sarah mendambakan perubahan dalam hidupnya. Karena itu ia memutuskan datang ke kota besar, menjalani kehidupan di London sekaligus melakukan penelitian untuk novel barunya, tentang kehidupan dunia gelap, pelacuran dan perjudian. Di saat melakukan penelitian itulah ia bertemu dengan sosok Derek Craven, yang saat itu diserang secara tiba-tiba  oleh sekelompok pria, terluka cukup parah dan bisa lebih gawat situasinya seandainya Sarah tidak turun tangan. Berhutang budi dengan pertolongan Sarah, Derek menawarkan imbalan jasa.

Alih-alih menerima pembayaran dalam jumlah besar, Sarah justru meminta kesempatan melakukan pengamatan dan wawancara di Craven’s, terutama saat mengetahui pria yang ia tolong adalah Derek Craven sang legenda. Tentu saja Derek menolak permintaan Sarah, namun ia tak memperhitungkan tekad bulat wanita itu, dan anehnya, asisten kepercayaan dan para stafnya, yang kemudian mengenal sosok Sarah, mendukung pekerjaan wanita itu. Sikap Sarah yang tulus, penuh perhatian sekaligus polos, membuat sekelompok pria dan wanita yang terbiasa menjalani kehidupan berat di dunia kelam, menyayangi dan bersedia mengabulkan apa pun permohonan Sarah.

Derek mengalami kesulitan tatkala sikapnya yang kasar dan cenderung memusuhi Sarah justru mendapat kecaman dari orang-orang kepercayaannya. Di sisi lain, ia tak mampu berpikir jernih, setiap saat Sarah muncul dalam pandangannnya. Bahkan di saat ia tak berada secara nyata, pikiran Derek selalu kembali pada Sarah. Hal ini juga memiliki dampak tersendiri pada Sarah yang mulai melihat sisi lain Derek yang berusaha ia sembunyikan. Mendadak kehidupan tenang bersama tunangannya di desa tidak lagi terasa memuaskan. Mengapa Sarah begitu ingin menyingkap kegelapan yang menyelimuti jiwa dan hati Derek, mengetahui bahwa proses tersebut juga akan menyakiti dirinya karena Derek tak bersedia menempuh jalur menuju impian yang serupa ...

Dibandingkan buku pertama yang meski memiliki nuansa kelam, namun penuh dengan adegan-adegan menggelitik akibat ‘kenakalan’ Lily yang mengusik ketenangan Alex, maka kali ini keseluruhan kisah lebih penuh gejolak emosi yang kuat. Latar belakang kehidupan Derek yang menimbulkan luka batin sangat dalam, bukan hal yang mudah bagi Sarah untuk mengobati dengan membuka kembali luka tersebut. Akan tetapi penggambaran karakter Sarah cukup kuat, walau dilahirkan dan dibesarkan di desa kecil, ia memiliki kehausan sekaligus keingin-tahuan akan hal-hal baru, yang mendukung impian besar sebuah kehidupan yang jauh dari ketenangan dan kedamaian.

Bukan hal yang mudah bagi kaum wanita terutama pada masa tersebut untuk memiliki kemandirian dan sikap, pola pikir serta pendapat. Ketika Sarah mendapati hidup bersama tunangannya tidak lagi cukup memenuhi keinginannya, ia terbentur pada hasrat untuk ‘mengembangkan sayapnya’ dengan aturan serta norma-norma masyarakata yang menuntutnya menjadi wanita patuh, penurut dan tidak berani memiliki impian atau imajinasi ‘aneh’ ... Keunikan Sarah yang tak lepas dari sikap dan prinsip kedua orang tuanya, menjadikan kisah ini penuh warna tersendiri. Bagaimana Sarah Fielding – gadis baik-baik dari keluarga terhormat harus menangani hubungan tak terelakkan dengan pria yang telah melakukan semua hal-hal buruk sepanjang hidupnya ?

Berkesan sebagai konflik drama antara ‘good-girl’ vs ‘bad-guy’ penulis memberikan sedikit porsi lebih dalam mengembangkan kedua karakter utama kisah ini. Seperti telah kusinggung diatas, karakter Sarah Fielding sebagai penulis wanita populer merupakan kontradiksi tersendiri karena jika sesuai perkiraan masa yang menjadi latar belakang, maka penulis wanita justru kurang dihargai bahkan kesulitan dalam menerbitkan karyanya. Sikap memberontak yang merujuk pada perubahan dratis pemikiran Sarah juga menunjukkan awal gerakan feminisme yang uniknya dalam kisah ini justru menjadi penguat ‘romansa panas’ antara dua insan yang memiliki latar belakang berbeda. Dan hal-hal pula yang menjadikan kisah ini menarik bagi pembaca sepertiku ...

Tentang Penulis : 
Lisa Kleypas, lahir pada tahun 1964 di Texas, Amerika, adalah penulis novel romance yang sangat produktif dan hampir seluruh novelnya masuk dalam jajaran bestselling novels. Ia memiliki kegemaran membaca, namun proses menulis dimulai ketika sedang menjalani liburan musim panas dan beristirahat dari kegiatan mata kuliahnya di bidang ilmu politik di Wellesley College. Dalam kurun waktu 2 bulan kemudian, novel perdananya rilis, saat ia baru berusia 21 tahun. Dan pada waktu yang sama, ia memenangkan gelar Miss Massachussets. Ketika turut serta dalam kompetisi Pemilihan Miss America, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulisnya sendiri, memberikan sebuah gelar “finalis berbakat”.

Semenjak itu, ia menekuni bidang penulisan secara serius dan hingga kini terus aktif menghasilkan berbagai karya baru. Novel-novelnya bukan saja masuk jajaran Bestseller tetapi juga menerima berbagai penghargaan dan telah diterjemahkan lebih dari 14 bahasa. Sebagian besar novelnya merupakan historical romance, namun semenjak tahun 2006, ia mengumumkan akan lebih banyak menulis genre contemporer romance. Kini ia tinggal di Washington, bersama sang suami Gregory dan kedua anaknya. 

[ more about author and her works, check on here : Lisa Kleypas Site's | on Wikipedia | on FaceBook | on Twitter  ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...