Translate

Tuesday, May 31, 2016

[ 2016 | Review #72 ] : "ROYAL WEDDING"

Judul Asli : ROYAL WEDDING
by Meg Cabot
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Linda Boentaran
Editor : Rini Nurul Badariah
Desain sampul : Orkha Creative
Cetakan I : Mei 2016 ; 408 hlm ; ISBN 978-602-03-2653-5
Harga Normal : Rp. 85.000,-

Putri Amelia ‘Mia’ Mignotte Grimaldi Thermopolis Renaldo is back !! Mengambil seting saat ia akhirnya menuntaskan kuliahnya, dan sepanjang 5 tahun kemudian disibukkan dengan berbagai kegiatan selain menunaikan tugasnya sebagai keturunan penguasa Genovia. Mia lebih banyak menghabiskan waktu di New York karena ia mengelola pusat komunitas remaja bersama sahabat-sahabatnya, Perin dan Ling Su. Dan tentu saja karena Michael Moscovitz – sang kekasih hati juga tinggal di New York, karena perusahaannya yang semakin berkembang menuntut sebagian besar waktu Michael mondar-mandir New York dan kota-kota besar lainnya. Tampaknya, masa depan cerah nan gemilang menanti Mia dan Michael


Namun mengapa justru setelah melewati 5 tahun, Mia kini dilanda situasi dimana ia nyaris cemas dan gelisah setiap saat ? Bahkan matanya mulai mengalami ‘kedutan’ tiada henti, yang berarti ia, Putri Mia akhirnya dilanda stress dan depresi. Bagaimana ia tidak depresi saat kehidupan pribadi nyaris tidak pernah ia nikmati. Bukan saja kaum paparazzi yang selalu menemukan dirinya, terutama di saat-saat yang tidak terlalu menyenangkan, ia juga memiliki ‘stalker’ yang sangat membenci dirinya. Dengan adanya ancaman dan teror, pengawalan terhadap dirinya diperketat, yang membuat Mia semakin kesepian karena ia hanya bisa berhubungan dengan kekasih dan sahabat-sahabatnya melalui media sosial dan gadget.

Banyak yang mengatakan hubungan jangka panjang menjamin kelanggengan sekaligus masa depan yang menjanjikan. Masalahnya Mia mulai mencemaskan sejauh mana hubungannya dengan Michael akan berlanjut, terutama di saat tabloid-tabloid memuat ‘Mengapa Michael belum mengumumkan kapan pernikahan akan dilangsung dengan Putri Mia’ ... Celakanya situasi semakin memburuk saat Pangeran Phillipe Renaldo –putra mahkota Genovia (dan ayah kandung Mia), menjadi berita hangat media saat ia ditahan akibat melanggar kecepatan dengan ngebut memacu mobil balap di jalan raya.

Peristiwa tersebut dipastikan membuat rating beliau turun dalam polling berhadapan dengan Count Ivan Renaldo – sepupunya yang gencar melakukan kampanye untuk memastikan dirinya sebagai kandidat yang lebih pantas dalam memerintah Genovia. Mengapa menginjak usia 50 tahun, ayahnya justru melakukan aneka tindakan yang membuatnya menjadi sorotan media ? Apakah ini salah satu cara untuk menarik perhatian ibu Mia, Helen Thermopolis yang kini menjadi janda saat Frank meninggal secara mendadak ? Mia tidak pernah mengalami masa-masa tenang dalam kehidupannya, hal ini dijamin dengan kehadiran GrandMère – Putri Clarisse Grimaldi, yang senantiasa mampu menciptakan situasi yang membuat Mia semakin stress.

Mengenang kisah perjalanan Princess Mia, merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan, dan kisah penutup ‘Forever Princess’ yang terbit 6 tahun silam telah memberikan kepuasan tersendiri bagi diriku selaku pembaca dan penggemar. Jujur, saat mengetahui ada buku terbaru yang merupakan ‘kelanjutan’ kisah (yang seharusnya) penutup petualangan Mia, diriku terbentur pada dua masalah, antara rasa senang sekaligus penasaran untuk (sekali lagi) bersama Mia dan kawan-kawannya, di sisi lain tidak dapat kupungkiri ada kekhawatiran bahwa kisah ini akan menjadi salah satu ‘korban’ pemaksaan penulis yang menulis akibat tuntutan ‘komersial’ ...   

Dan celakanya, justru kekhawatiran tersebut yang terwujud dalam bentuk sajian ‘Royal Wedding’ – buku ke-11 serial yang lumayan panjang. Pernahkah dirimu menyukai ‘makanan’ tertentu dan sangat menikmati kesempatan untuk mencicipinya, hingga suatu saat dirimu terlalu banyak ‘melahap’ kesukaan ini yang berakibat efek samping : mual dan akhirnya lumayan muak untuk mencobanya dalam waktu singkat. Secara garis besar, penulis berupaya menarik daya tarik pembaca pada kehidupan Mia yang jauh lebih dewasa (dalam hitungan usia) dan perkembangan dengan orang-orang disekelilingnya. Terlepas dari rasa ingin-tahuku, anehnya membaca buku setebal 400 halaman ini terasa lumayan hambar dan membosankan.

Jangan katakan diriku bukan fans berat, justru karakter-karakter yang telah berhasil dihidupkan oleh penulis semenjak awal serial ini ditulis menempati tempat khusus di hatiku. Karena itulah rasa kecewa yang cukup besar mewarnai ‘mood-ku’ dari awal hingga akhir. Satu-satunya daya pikat muncul akibat kehadiran sosok Olivia – adik kandung (tiri) Mia yang tak pernah diketahui dan tiba-tiba muncul sebagai gadis cilik berusia 12 tahun, yang entah mengapa mengingatkan akan edisi perdana Mia Thermapolis. Apakah penulis berniat menulis (ulang) kisah tentang Olivia demi mengikuti jejak kesuksesaan Princess Diaries ? Yang jelas, diriku harus memberikan 2.5 bintang untuk kisah kali ini, kubulatkan jadi 3 bintang karena Olivia benar-benar menghibur (walau hanya muncul menjelang akhir kisah).

Judul Asli : ROYAL WEDDING
[ book 11 of PRINCESS DIARIES Series ]
Copyright © 2015 by Meg Cabot, LLC
Rate : 3 of 5

Tentang Penulis :
Meg Cabot ( nama aslinya Meggin Patricia Cabot ), lahir di Bloomington, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 1 Februari 1967. Ia merupakan penulis Amerika yang sangat produktif dalam menulis dan telah menghasilkan lebih dari 50 judul buku. Karyanya yang terkenal diantaranya seri The Princess Diaries, yang telah diangkat ke layar lebar oleh Walt Disneys Pictures dengan judul yang sama. Kemudian seri Mediator  tentang remaja yang memiliki kemampuan supranatural, serial detektif lewat Heather Wells Mystery, serangkaian chicklit, historical romance dan tentu saja seri Underworld yang merupakan adaptasi dari kisah Mitologi Yunani yaitu Persephone yang diculik oleh Hades – dewa penjaga gerbang kematian, dan dipaksa menemaninya tinggal di Underworld. Meg Cabot telah memperoleh banyak penghargaan atas karya-karyanya, hingga kini buku-bukunya terjual lebih dari 15 juta kopi, dan ia masih tetap giat menulis sampai kapan pun ...

 more about the author & related works, just check at here : Meg Cabot | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb  ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...